IMF Peringatkan Jika Fintech Tak Diatur akan Ganggu Sistem Keuangan

Image title
8 Juni 2019, 15:11
IMF, fintech, dampak fintech bagi sistem keuangan global
Arief Kamaludin | Katadata
Managing Director International Monetary Fund, Christine Lagarde

Managing Director International Monetary Fund (IMF) Christine Lagarde, memperingatkan bahwa meningkatnya kehadiran raksasa layanan keuangan berbasiskan teknologi atau financial technology (fintech) yang menggunakan data besar dan kecerdasan buatan dapat menyebabkan gangguan signifikan terhadap sistem keuangan dunia.

Mengutip Reuters, Sabtu (8/6), dia menyatakan, kehadiran fintech memang telah berperan besar dalam peningkatan akses ke sistem pembayaran dan penyelesaian murah untuk rumah tangga berpendapatan rendah di negara-negara berkembang di mana jaringan perbankan tradisional langka.

Namun, kehadiran fintech juga menimbulkan kekhawatiran tentang meningkatnya dominasi perusahaan teknologi besar dalam pembayaran mobile, yang dapat memaksa pembuat kebijakan global untuk memikirkan kembali cara mereka mengatur sistem perbankan dan memastikan penyelesaian keuangan dilaksanakan dengan aman.

"Gangguan signifikan terhadap lanskap keuangan kemungkinan akan datang dari perusahaan teknologi besar, yang akan menggunakan basis pelanggan dan dana yang sangat besar untuk menawarkan produk keuangan berdasarkan data besar dan kecerdasan buatan," kata Lagarde dalam simposium tentang teknologi keuangan yang diadakan di di sela-sela pertemuan para pemimpin keuangan G20 di Fukuoka, Jepang selatan.

(Baca: The Fed Antisipasi Potensi Fintech sebagai Sumber Krisis)

Lagarde berpendapat, inovasi yang diperkenalkan fintech dapat membantu memodernisasi pasar keuangan, tapi di sisi lain juga dapat membuat sistem keuangan rentan, seperti dengan menempatkan sistem pembayaran dan penyelesaian di bawah kendali segelintir raksasa teknologi.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...