Arus Balik, Kemenhub Usul Gerbang Tol Palimanan Ditutup Sementara

Michael Reily
9 Juni 2019, 16:50
Kemenhub usul Gerbang Tol Palimanan ditutup.
ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A
Kemenhub usul agar Gerbang Tol Palimanan ditutup sementara untuk mencegah kemacetan selama arus balik lebaran 2019.

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menyiapkan opsi penutupan Gerbang Tol Palimanan dalam ruas tol Cikopo-Palimanan untuk sementara. Sebab, Kemenhub khawatir ada penumpukan kendaraan di gerbang tol arah Jakarta selama arus balik lebaran 2019.

Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Perhubungan Kementerian Perhubungan Sugihardjo mencatat, ada peningkatan jumlah kendaraan dari arah timur menuju Jakarta. Ia khawatir, volume kendaraan akan menumpuk jika hal ini dibiarkan.

Advertisement

Karena itu, Kemenhub usul agar Gerbang Tol Palimanan ditutup selama arus balik lebaran 2019. "Mungkin tidak semua kendaraan bisa masuk tol. Kalau memang sudah sangat padat, kendaraan bisa lewat Pantura (Pantai Utara). Tapi kami lihat perkembangannya," kata Sugihardjo di kantornya, Jakarta, Minggu (9/6).

(Baca: Kemenhub Siapkan Beberapa Strategi Hadapi Puncak Arus Balik Lebaran)

Opsi ini sudah disampaikan Kemenhub ke Korps Lalu Lintas Kepolisian RI (Korlantas Polri), sebagai penanggung jawab arus transportasi. Namun, Korlantas Polri masih melihat situasi untuk kemudian memutuskan menutup Gerbang Tol Palimanan atau tidak.

Menurut dia, pengendalian jumlah kendaraan yang masuk melalui gerbang tol bisa mengurangi potensi kemacetan di beberapa titik. Jika lalu lintas kadung macet di beberapa titik di jalan tol, proses mengurai kemacetan menjadi lebih sulit. "Kami memberikan masukan. Komando tetap ada di Korlantas Polri. Kami akan pantau terus karena arus balik masih mengalir," ujarnya.

(Baca: Kemenhub Prediksi Puncak Arus Balik Lebaran 8-9 Juni 2019)

Halaman:
Reporter: Michael Reily
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement