Huawei Diblokir, Giliran Tiongkok Beri Peringatan Perusahaan AS

Desy Setyowati
9 Juni 2019, 18:18
Pemerintah Tiongkok dukung Huawei
AUDY MA
Pemerintah Tiongkok beri peringata Microsoft hingga Samsung terkait kebijakan AS memasukkan Huawei ke dalam daftar hitam perdagangan.

Pemerintah Tiongkok bertemu dengan perusahaan asal Amerika Serikat (AS), Microsoft dan Dell serta Samsung dari Korea Selatan pada Selasa (4/6) dan Rabu (5/6) lalu. Dalam pertemuan itu, pemerintah Tiongkok memberi peringatan kepada ketiga perusahaan terkait konsekuensi jika menuruti larangan administrasi yang diberlakukan Presiden AS Donald Trump.

Kebijakan administrasi yang dimaksud adalah larangan penjualan teknologi buatan AS ke perusahaan Tiongkok. Namun, sumber New York Times yang mengikuti pertemuan tersebut tidak menjelaskan secara rinci konsekuensi yang bakal diterima ketiga perusahaan, jika mengacuhkan peringatan pemerintah Tiongkok.

Namun, juru bicara Microsoft di Seattle Dominic Carr enggan berkomentar terkait pertemuan tersebut. Begitu pun perwakilan Samsung dan juru bicara Dell di Hopkinton, Massachusetts, Dave Farmer tidak mau berkomentar perihal  pertemuan tersebut.

(Baca: Huawei Masuk Daftar Hitam Perdagangan, Putin Sebut AS Egois)

Selain ketiga perusahaan itu, pemerintah Tiongkok mengundang pembuat semikonduktor Arm of Britain dan SK Hynix dari Korea Selatan. Namun  perwakilan Arm di Austin, Texas, Phil Hughes maupun SK Hynix tidak mau berkomentar.

Pertemuan ini berlangsung setelah Kementerian Perdagangan Tiongkok mengumumkan kebijakan terkait daftar perusahaan dan individu yang ‘tidak bisa dipercaya’. Namun tidak disebutkan nama perusahaan atau individu tersebut. Langkah ini dianggap sebagai upaya Tiongkok membalas pemerintah AS yang memasukkan Huawei ke dalam daftar hitam (blacklist) terkait perdagangan.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...