Pemerintah Promosikan Pariwisata Selama Piala Dunia Wanita di Prancis

Penulis: Michael Reily

Editor: Desy Setyowati

9/6/2019, 09.48 WIB

Kementerian Pariwisata memanfaatkan ajang pertandingan sepakbola level global sejak 2016 untuk mempromosikan destinasi wisata Indonesia.

Kementerian Pariwisata promosikan destinasi wisata Indonesia
ANTARA FOTO/HENDRA NURDIYANSYAH
Kementerian Pariwisata promosikan destinasi wisata Indonesia selama Piala Dunia Wanita di Prancis.

Kementerian Pariwisata menggelar promosi Wonderful Indonesia bertepatan dengan gelaran Piala Dunia Wanita FIFA 2019 di Paris, Prancis. Sebanyak empat unit bus wisata bakal menampilkan keindahan destinasi pariwisata Indonesia pada 1 Juni hingga 31 Juli 2019.

Menteri Pariwisata Arief Yahya menyampaikan, promosi tersebut merupakan strategi berkelanjutan sejak 2016. Saat itu, Kementerian Pariwisata menggelar promosi Wonderful Indonesia saat Piala Eropa di Prancis dan berlanjut pada Piala Dunia 2018 di Rusia.

Melalui promosi tersebut, Kementerian Pariwisata ingin menyasar lebih banyak wisatawan. “Di mana ada kerumunan orang (crowds), di situlah tempat efektif untuk promosi,” kata Arief dalam siaran persnya, Jumat (7/6) lalu.

(Baca: Gim VR hingga Wisata Alam Jadi Pengisi Libur Lebaran di Jakarta)

Menurut dia, momentum Piala Eropa dan Piala Dunia merupakan waktu yang tepat untuk promosi. Alasannya, pusat perhatian dunia tertuju pada satu wilayah yang menjadi penyelenggara Piala Eropa ataupun Piala Dunia. Alhasil, banyak orang dari berbagai negara yang datang ke daerah tersebut.

Arief menyampaikan, sepakbola memiliki kelompok pendukung fanatik yang jumlahnya besar. Apalagi ada 24 negara peserta piala dunia wanita yang akan bertanding pada 7 Juni hingga 7 Juli 2019.

Karena itu, menurut Arief, ajang Piala Dunia Wanita menjadi momen penting untuk promosi Wonderful Indonesia. “Ketika bujet promosi kami terbatas, maka gunakan secara efektif di momentum yang tepat, terlebih ketika perhatian dunia sedang ke sana,” ujar Arief.

(Baca: Pengusaha Hotel Dukung Jokowi Buka Pintu bagi Maskapai Asing)

Kementerian Pariwisata pun menyediakan empat bus terbuka yang bakal melewati lokasi populer Paris seperti Champ de Mars, Gare du nord, Pigalle, Opera Garnier, Louvre, Notre Dame, Musee d'Orsay, Champs Elysees, dan Grand Palais. Kementerian Pariwisata menampilkan stiker yang menggambarkan keindahan Indonesia di badan bus.

Daerah yang keindahan wisatanya bakal ditampilkan adalah Banyuwangi, Bali, Sumatera Utara, Jawa Tengah, Belitung, dan Raja Ampat. Selain itu, destinasi wisata dari Nusa Tenggara Timur (NTT), Nusa Tenggara Barat (NTB), dan Sulawesi Selatan juga ditampilkan di badan bus tersebut.

Adapun negara peserta piala dunia wanita adalah Prancis, Norwegia, Nigeria, Korea Selatan, Spanyol, Jerman, Tiongkok, Afrika Selatan, Australia, Italia, Brazil, dan Jamaika. Kemudian, Inggris, Skotlandia, Argentina, Jepang, Kanada, Kamerun, Selandia Baru, Belanda, Amerika Serikat (AS), Thailand, Republik Chili, dan Swedia.

(Baca: Menteri Pariwisata Ingin Kembangkan Serang jadi Kawasan Wisata Halal)

Reporter: Michael Reily

Anda Belum Menyetujui Syarat & Ketentuan
Email sudah ada dalam sistem kami, silakan coba dengan email yang lainnya.
Alamat email Anda telah terdaftar
Terimakasih Anda Telah Subscribe Newsletter KATADATA
Maaf Telah terjadi kesalahan pada sistem kami. Silahkan coba beberapa saat lagi
Silahkan mengisi alamat email
Silahkan mengisi alamat email dengan benar
Masukkan kode pengaman dengan benar
Silahkan mengisi captcha