Jokowi Lantik Arinal-Chusnunia jadi Gubernur dan Wagub Lampung

Penulis: Dimas Jarot Bayu

Editor: Ekarina

12/6/2019, 14.38 WIB

Jokowi melantik Arinal Djunaidi dan Chusnunia Chalim sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur Lampung untuk masa jabatan 2019-2024.

Jokowi melantik Gubernur dan Wakil Gubernur Lampung periode 2019-2024 di Istana Negara, Jakarta
Dimas Jarot Bayu/ Katadata
Jokowi melantik Gubernur dan Wakil Gubernur Lampung periode 2019-2024 di Istana Negara, Jakarta

Presiden Joko Widodo (Jokowi) melantik Arinal Djunaidi dan Chusnunia Chalim sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur Lampung untuk masa jabatan 2019-2024. Keduanya menggantikan Ridho Ficardo-Bachtiar Basir yang masa jabatannya telah berakhir.

Prosesi pelantikan dilakukan di Istana Negara, Jakarta, Rabu (12/6). Pelantikan diawali dengan pembacaan Keputusan Presiden RI Nomor 49/P tahun 2019 tentang Pengesahan Pengangkatan Gubernur dan Wakil Gubernur Lampung Masa Jabatan 2019-2024.

(Baca: Jokowi Lantik Abdul Gani Kasuba sebagai Gubernur Maluku Utara )

Acara dilanjutkan dengan pengambilan sumpah jabatan terhadap Arinal-Chusnunia. Pengambilan sumpah jabatan tersebut dipimpin langsung oleh Jokowi dan diikuti keduanya.

"Saya bersumpah akan memenuhi kewajiban saya sebagai gubernur dan wakil gubernur dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya, memegang teguh Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 dan menjalankan segala undang-undang dan peraturannya dengan selurus-lurusnya serta berbakti kepada masyarakat, nusa, dan bangsa," ujar Arinal dan Chusnunia meniru ucapan Jokowi.

Acara kemudian diakhiri dengan penandatanganan berita acara. Setelahnya, Jokowi dan para pejabat negara yang hadir memberikan ucapan selamat atas posisi baru yang diemban Arinal-Chusnunia sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur Lampung.

(Baca: Lantik Khofifah-Emil jadi Pasangan Gubernur Jatim, Jokowi: Tancap Gas!)

Dalam acara tersebut hadir Wakil Presiden Jusuf Kalla; Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan Wiranto; Menteri Ketenagakerjaan Hanif Dhakiri. Kemudian, Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi; Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo; Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Eko Sandjojo.

Hadir juga Ketua Umum Golkar sekaligus Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto, Ketua MPR sekaligus Ketua Umun PAN Zulkifli Hasan, Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar. Ada pula Wakil Ketua MPR Hidayat Nur Wahid dan Ketua DPD Oesman Sapta Odang (OSO).

Arinal-Chusnunia sebelumnya memenangkan Pilkada 2018 melawan tiga pasangan lainnya, Herman HN-Sutono, Mustafa-Ahmad Jajuli, dan Ridho-Bachtiar. Berdasarkan hasil rekapitasi suara Komisi Pemilihan Umum (KPU) Lampung, Arial-Chusnunia memperoleh 1.548.506 suara atau setara 37,7% dari jumlah suara pemilih.

Sementara pesaingnya, Herman HN-Sutono berada di posisi kedua dengan perolehan suara sebesar 1.054.646 atau 25,73%. Pasangan pejawat Ridho-Bachtiar diketahui mendapatkan 1.043.666 suara atau 25,46%. Sedangkan, Mustafa-Ahmad Jajuli memperoleh 452.454  suara atau 11,04%.

Reporter: Dimas Jarot Bayu

Anda Belum Menyetujui Syarat & Ketentuan
Email sudah ada dalam sistem kami, silakan coba dengan email yang lainnya.
Alamat email Anda telah terdaftar
Terimakasih Anda Telah Subscribe Newsletter KATADATA
Maaf Telah terjadi kesalahan pada sistem kami. Silahkan coba beberapa saat lagi
Silahkan mengisi alamat email
Silahkan mengisi alamat email dengan benar
Masukkan kode pengaman dengan benar
Silahkan mengisi captcha

Video Pilihan