Jumlah Transaksi Melalui BCA Naik 18,5% Saat Libur Lebaran 2019

Image title
12 Juni 2019, 18:14
jumlah transaksi flazz, bca, mudik 2019, lebaran
Arief Kamaludin (Katadata)
PT Bank Central Asia Tbk (BBCA) mencatat adanya kenaikan jumlah rata-rata transaksi per hari selama libur Lebaran 2019 sebesar 18,5% dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

PT Bank Central Asia Tbk (BBCA) mencatat adanya kenaikan jumlah rata-rata transaksi per hari selama libur Lebaran 2019 sebesar 18,5% dibandingkan periode yang sama tahun lalu. Tahun lalu, jumlah transaksinya sebanyak 27 juta kali, sedangkan tahun ini mencapai 32 juta kali per hari.

Presiden Direktur BCA Jahja Setiaatmadja mengatakan, kenaikan jumlah transaksi yang paling mencolok terlihat pada penggunaan uang elektronik BCA,  yaitu Flazz, di jalan tol. Tidak tanggung-tanggung, kenaikannya mencapai 53% dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu.

Sayangnya, untuk nilai transkasinya, Jahja mengaku belum menghitung jumlahnya. "(Nilai transaksinya) belum dihitung. Mayoritas dari jalan tol untuk Flazz. Lainnya, belanja resto, hotel masih tinggi transaksinya," kata Jahja ketika menggelar halal bihalal dengan awak media di Jakarta, Rabu (12/6).

Jahja menjelaskan, transaksi menggunakan uang elektronik di jalan tol naik begitu pesat karena efek dari mahalnya tiket pesawat akhir-akhir ini. Kenaikannya juga dipicu akibat beroperasinya jalan tol Trans Jawa dan sebagian Trans Sumatera. Masyarakat beralih menggunakan moda transportasi darat selama periode mudik lebaran tahun ini.

"Adanya jalan tol baru, itu dimanfaatkan penuh, sehingga Flazz naik tinggi sekali," kata Jahja. "Jalan tol kan tersebar di seluruhnya, dari Jakarta sampai Surabaya ada di seluruh ruas tol."

Halaman:
Reporter: Ihya Ulum Aldin
Editor: Sorta Tobing
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...