Analis Perkirakan The Fed Akan Turunkan Suku Bunga pada September 2019

Agatha Olivia Victoria
13 Juni 2019, 14:54
penurunan suku bunga, The Fed, BI turunkan suku bunga
123RF.com
Bank sentral AS atau Federal Reserve (The Fed) diperkirakan menurunkan suku bunga pada September 2019.

Departemen Tenaga Kerja AS semalam baru saja mengeluarkan angka Indeks Harga Konsumen (CPI) yang hanya naik 0,1% pada 2019. Secara tahunan, angkanya berada di level 1,8% atau turun dibandingkan bulan sebelumnya di 1,9%. Hal ini mengindikasikan terjadi perlambatan ekonomi di Negari Paman Sam.

Analis Samuel Sekuritas Indonesia Lana Soelistianingsih mengatakan, bank sentral AS atau Federal Reserve (The Fed) kemungkinan besar menurunkan suku bunga lebih awal dari prediksi sebelumnya. "Kemungkinan The Fed menurunkan suku bunga pada September 2019," kata dia kepada Katadata.co.id, Kamis (13/6).

Lana memperkirakan The Fed akan melakukan hal itu sekali pada 2019. Penurunan sekali dalam setahun, menurut dia, sudah cukup signifikan bagi perekonomian AS. Penurunan suku bunga ini tentunya akan berpengaruh positif ke negara-negara berkembang.

The Fed kemungkinan besar akan menurunkan suku bunga acuan di kisaran 2%-2,25% dari sebelumnya 2,25%-2,5%. "Jadi pemangkasannya hanya sedikit, sekitar 25 basis poin dari angka sebelumnya," kata Lana.

(Baca: Jaga Inflasi, BI Diprediksi Tak Akan Buru-buru Pangkas Bunga Acuan)

Hal ini senada juga dikatakan Panel Ahli Katadata Insight Center Damhuri Nasution. Penurunan data inflasi dan data tenaga kerja menjadi acuan The Fed untuk menentukan suku bunga. "Pelemahan ini saya yakini akan memicu The Fed memotong suku bunga tahun ini, di luar sebelumnya," katanya.

Halaman:
Reporter: Agatha Olivia Victoria
Editor: Sorta Tobing
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...