Kementerian PUPR Anggarkan Rp 540 miliar untuk Infrastruktur Desa

Image title
13 Juni 2019, 21:06
infrastruktur desa
Arief Kamaludin | Katadata
Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mengangarkan dana sebesar Rp 540 miliar untuk program Pengembangan Infrastruktur Sosial Ekonomi Wilayah (PISEW) di 2019.

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mengangarkan dana sebesar Rp 540 miliar untuk program Pengembangan Infrastruktur Sosial Ekonomi Wilayah (PISEW) di 2019. Dana ini akan digunakan untuk membangun 900 kecamatan atau 2,309 desa.

Kecamatan atau desa yang berhak mendapat program PISEW harus memiliki beberapa kriteria, yakni kecamatan atau desa yang berpotensi berbasis agropolitan, peningkatan sektor ekonomi masyarakat, dan rencana tata ruang yang searah dengan pemerintah kabupaten atau kota.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan program PISEW bertujuan untuk mengurangi kesenjangan antar wilayah, pengentasan kemiskinan, memperbaiki tata kelola pemerintah daerah, serta memperkuat kelembagaan masyarakat tingkat desa.

"Manfaatnya dirasakan langsung oleh masyarakat seperti jalan produksi, jembatan gantung, rumah subsidi, penanganan kawasan kumuh, air minum, sanitasi," ujarnya dalam keterangan pers yang diterima Katadata.co.id, Kamis (13/6).

(Baca: Tahun Politik Jadi Penyebab Kementerian PUPR Baru Serap 19,8% Anggaran)

Dalam kurun waktu empat tahun 2015-2018, program PISEW telah menyentuh 1.664 kecamatan dari total target pada 2015-2019 sebanyak 2.564 kecamatan. Pada umumnya infrastruktur yang dibangun melalui dana PISEW adalah jalan produksi yang tujuannya memudahkan petani untuk mengangkut hasil pertanian, perkebunan dan perikanan. Adapun pelaksanaannya dikerjakan oleh masyarakat desa setempat, tanpa menggunakan kontraktor.

Halaman:
Reporter: Fariha Sulmaihati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...