Pengusaha Ajukan ke Jokowi 4 Kebijakan untuk Pacu Industri Padat Karya

Dimas Jarot Bayu
13 Juni 2019, 16:53
industri padat karya jokowi, tingkat pengangguran Indonesia 2019
Arief Kamaludin|KATADATA
Apindo mengusulkan perubahan formula pengupahan hingga insentif pajak untuk memacu industri padat karya

Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) mengusulkan setidaknya empat kebijakan untuk memacu investasi di industri padat karya. Saat ini, pemain besar di industri padat karya disebut lebih memilih berinvestasi di Vietnam, Bangladesh, Sri Lanka, Kamboja dan Laos.

Ketua Umum Apindo Hariyadi Sukamdani mengatakan dalam rentang sepuluh tahun terakhir investasi yang masuk ke Indonesia lebih banyak untuk pengembangan industri padat modal. Padahal, jumlah industri padat karya semakin berkurang.

Indonesia membutuhkan industri padat karya untuk menyerap tenaga kerja yang jumlahnya besar. "Rakyat kita ini jumlahnya 265 juta orang, angkatan kerjanya lebih dari 130 juta," kata dia di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Kamis (13/6).

(Baca: Sri Mulyani Janji Batasi Tenaga Kerja Asing)

Menurut dia, Indonesia belum banyak dilirik oleh pemain di industri padat karya lantaran Undang-Undang (UU) Ketenagakerjaan tidak sesuai dengan kebutuhan industri. Salah satunya terkait dengan formula pengupahan.

"Dari 2003 sampai sekarang itu kan sudah beralih persepsinya bahwa upah minimum itu menjadi upah rata-rata," kata dia. Pihaknya mengusulkan kepada pemerintah untuk mengubah formula pengupahan.

Haryadi menyatakan sudah menyiapkan formula pengupahan yang baru untuk bisa dipertimbangkan dalam revisi UU Ketenagakerjaan. Menurut dia, Presiden Joko Widodo berjanji akan berupaya mengkaji aturan tersebut dalam waktu enam bulan. "Karena kondisinya sudah cukup mendesak ya," ujarnya.

(Baca: Berkah Investasi Besar di Balik Perang Dagang AS - Tiongkok)

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...