Aplikasi Virtual Reality Paviliun Indonesia di Venice Biennale 2019

Michael Reily
14 Juni 2019, 13:40
Delegasi Indonesia dalam Venice Biennale di Italia, Rabu, 8 Mei 2019.
Bekraf
Delegasi Indonesia dalam Venice Biennale di Italia, Rabu, 8 Mei 2019.

Paviliun Indonesia hadir dalam pameran seni tertua di dunia Venice Biennale di Italia pada 11 Mei hingga 24 November. Masyarakat bisa menikmati pameran itu secara virtual melalui aplikasi lokal Ars. yang dikembangkan oleh Johanes Adika Gahari.

Dalam Instagram Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf), Ars. bisa menjadi sarana apresiasi paviliun Indonesia di Venice Biennale 2019 secara tidak langsung. "Ayo nikmati paviliun Indonesia secara virtual melalui aplikasi buatan putra-putri bangsa," tertulis dalam foto unggahan @bekrafid, Jumat (14/6).

Ars. adalah aplikasi media dengan fitur augmented reality atau virtual reality yang memungkinkan sebuah produk tampil dalam pengalaman baru lewat gabungan teknologi, foto, serta video. Ars. bisa diunduh melalui Google Play dan Apple Store.

Paviliun Indonesia menampilkan instalasi seni berjudul Akal Tak Sekali Datang, Runding Tak Sekali Tiba. Dalam Ars., terdapat lima medium yang menampilkan berbagai pameran karya seni Paviliun Indonesia pada Venice Biennale 2019.

(Baca: Lima Festival Budaya Pamerkan Potensi Industri Kreatif)

Para pengguna bisa mengakses konten yang ada di Ars. secara gratis. Namun, terdapat akses berbayar seharga Rp 1,5 juta untuk membuka konten lebih banyak lagi. Sebab, Ars. juga menampilkan beberapa pertunjukan, seperti Lunar Series, Konser Monokrom Tulus, Patung Garuda Wisnu Kencana, serta karya kreatif lain.

Wakil Kepala Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) Ricky Pesik menyatakan, Indonesia konsisten ikut serta dalam Venice Biennale sejak 2017. "Eksibisi sepanjang enam bulan jadi kesempatan untuk memperkenalkan karya Indonesia," kata Ricky di Jakarta, Rabu (24/4) lalu.

Halaman:
Reporter: Michael Reily
Editor: Pingit Aria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...