Lanjutkan Eksplorasi, Pertamina Survei Seismik 3D di Blok Tuban

Penulis: Verda Nano Setiawan

Editor: Ratna Iskana

14/6/2019, 14.42 WIB

Survei seismik direncanakan selesai dalam kurun waktu enam bulan.

eksplorasi migas pertamina
Pertamina KATADATA|Donang Wahyu
Ilustrasi, Pertamina Hulu Energi (PHE) akan melakukan survei seismik 3D di Blok Tuban untuk mencari cadangan migas baru. Pertamina KATADATA|Donang Wahyu

Pertamina Hulu Energi Tuban East Java (PHE TEJ) melanjutkan kegiatan eksplorasi untuk menemukan cadangan minyak dan gas bumi (migas) baru di Blok Tuban. PHE melakukan survei seismik 3D di area seluas 227 kilometer persegi (km2).

Manager Eksplorasi PHE TEJ Iwan Bagus Indriyanto mengatakan kegiatan sosialisasi kepada masyarakat sudah dilakukan pada Kamis (13/6). "Kegiatan ini (survei seismik 3D) direncanakan selesai dalam waktu enam bulan, dimulai setelah tahapan sosialisasi dilakukan." kata dia dalam keterangan tertulis Jumat, (14/6).

Survei seismik 3D merupakan upaya pencarian migas yang ada di bawah permukaan bumi dengan gelombang seismik. Metode ini juga digunakan oleh perusahaan minyak untuk pemetaan struktur di bawah permukaan bumi guna melihat kemungkinan adanya jebakan-jebakan hidrokarbon.

(Baca: Pertamina Target Pengeboran Sumur Naik Dua Kali Tahun Ini)

General Manager PHE TEJ dan PHE Randugunting Darwin Tangkalalo mengatakan, sebelum menggelar survei seismik 3D ini, pihaknya telah melakukan pengeboran satu sumur eksporasi di Blok Tuban. "Survei seismik 3D & Pemboran WMA-1 adalah bukti Pertamina berkomitmen mendukung ketahanan energi nasional," kata Darwin.

Wakil Bupati Tuban, Noor Nahar Hussein berkomitmen untuk mendukung penuh kegiatan eksplorasi yang dilakukan oleh PHE di Blok Tuban. "Pemerintah Kabupaten Tuban dengan seluruh jajaran dari kecamatan sampai desa siap mendukung penuh apa yang akan dilakukan PHE TEJ di wilayah Tuban, kami siap membantu menjadi jembatan komunikasi agar kegiatan seismik ini terlaksana dengan baik." ujar Noor.

(Baca: Pacu Produksi Migas, Pertamina Hulu ONWJ Rampungkan Anjungan Baru)

Perwakilan SKK Migas Jabanusa (Jawa, Bali dan Nusa Tenggara) Ami Hermawati juga menyatakan dukungannya terhadap kegiatan eksplorasi yang dilakukan oleh PHE di Blok Tuban. "Kami mendukung upaya ini dan harapan besar kami kepada seluruh pemangku kepentingan dapat membantu kelancaran kegiatan seismik ini." ujarnya.

Reporter: Verda Nano Setiawan

Anda Belum Menyetujui Syarat & Ketentuan
Email sudah ada dalam sistem kami, silakan coba dengan email yang lainnya.
Alamat email Anda telah terdaftar
Terimakasih Anda Telah Subscribe Newsletter KATADATA
Maaf Telah terjadi kesalahan pada sistem kami. Silahkan coba beberapa saat lagi
Silahkan mengisi alamat email
Silahkan mengisi alamat email dengan benar
Masukkan kode pengaman dengan benar
Silahkan mengisi captcha