Didorong Optimisme Perundingan Dagang AS-Tiongkok, Bursa Asia Melonjak

Happy Fajrian
19 Juni 2019, 18:17
Pekerja melintasi layar monitor bursa saham di Bursa Efek Indonesia (BEI), Jakarta, Selasa (16/4/2019).
ANTARA FOTO/ADITYA PRADANA PUTRA
Pekerja melintasi layar monitor bursa saham di Bursa Efek Indonesia (BEI), Jakarta, Selasa (16/4/2019).

Indeks harga saham gabungan (IHSG) mengakhiri perdagangan di Bursa Efek Indonesia (BEI) Rabu (19/6) sore dengan kinerja yang meyakinan. IHSG melesat naik 81,92 poin atau 1,31% ke posisi 6.339,26.

Sejalan dengan IHSG, seluruh bursa utama di benua kuning mengakhiri hari ini dengan kenaikan yang signifikan, di tengah optimisme baru tercapainya kesepakatan dagang antara Amerika Serikat (AS) dan Tiongkok setelah pemimpin kedua negara sepakat untuk bertemu di KTT G-20 di Jepang akhir bulan ini.

Presiden AS Donald Trump mengatakan melalui akun Twitternya pada Selasa (18/6) bahwa dia telah berbicara dengan Presiden Tiongkok Xi Jinping melalui sambungan telepon. "Kami akan melakukan pertemuan di G-20 di Jepang pekan depan. Tim kami akan memulai pembicaraan sebelum pertemuan kami," kata Trump.

Kepastian pertemuan antara Trump dan Xi akhir bulan ini mendorong aksi beli saham di bursa saham Asia. Indeks Strait Times melesat naik 1,53%, Hang Seng melonjak 2,56%, Nikkei lompat 1,72%, Shanghai naik 0,96%, dan Kospi naik 1,24%. Sementara itu KLCI Malaysia naik 0,83%, dan PSEi Filipina naik 1,20%.

(Baca: 600 Perusahaan AS Cemas, Desak Trump Akhiri Perang Dagang dengan Cina)

Pasar juga mendapat suntikan semangat dari benua biru setelah Gubernur European Central Bank (ECB) Mario Draghi mengatakan bahwa ECB siap untuk memangkas suku bunganya untuk memberikan stimulus terhadap perekonomian, jika dibutuhkan. Termasuk Bank Indonesia (BI) yang juga akan mengumumkan bunga acuannya dalam waktu dekat.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...