Jokowi "Ultimatum" Para Menteri Buat Kebijakan Pacu Investasi & Ekspor

Michael Reily
19 Juni 2019, 16:12
Jokowi Ultimatum Kebijakan Investasi dan Ekspor
ANTARA FOTO/Yudhi Mahatma

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menggelar Rapat Terbatas (Ratas) bersama para menteri Kabinet Kerja di Kantor Preiden tentang kebijakan investasi dan ekspor. Dia mengingatkan, Ratas untuk membicarakan masalah yang sama sudah enam kali digelar.

Jokowi kembali mengulang pentingnya ekspor dan investasi dalam penyelesaian defisit neraca perdagangan serta defisit neraca berjalan kepada para pembantunya. Dia pun memberikan ultimatum supaya ada kebijakan yang mampu memanfaatkan momentum dalam situasi perekonomian global.

"Sehingga, saya minta agar kebijakan yang berkaitan dengan investasi dan ekspor betul-betul konkret, betul-betul dieksekusi dengan mendengar dari kesulitan apa yang dialami oleh para pelaku," kata Jokowi di Kantor Presiden, Rabu (19/6).

Pernyataan Jokowi terdengar dari pengeras suara yang ada di bagian bawah ruang rapat Kantor Presiden. Nada suaranya semakin tinggi ketika membuka Ratas.

(Baca: Ekspor Pertanian, Kayu dan Tekstil Bakal Tergerus Jika GSP Dicabut AS)

Dia juga menyinggung soal investasi yang tidak mengalami peningkatan signifikan. Apalagi, urusan perizinan yang menyusahkan investor untuk menanamkan modalnya.

Selama beberapa waktu terakhir, Jokowi bertemu dengan beberapa para pelaku usaha dari segala lapisan. "Kebijakan investasi, urusan perizinan, enggak ada terobosan apa-apa, misalnya, sampai saat ini, investor juga enggak (naik)," ujarnya.

Halaman:
Editor: Pingit Aria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...