Perluas Bisnis, Beri Sumbangan ke Pemusik Jalanan Bisa Lewat Go-Pay

Cindy Mutia Annur
21 Juni 2019, 07:26
Beri Sumbangan ke Pemusik Jalanan Bisa Lewat Go-Pay
Arief Kamaludin|KATADATA

Layanan dompet digital Go-Pay kembali memperluas layanannya. Berkolaborasi dengan Institut Musik Jalanan (IMJ), pengguna Go-Pay kini bisa mengapresiasi musisi jalanan dengan memberikan sumbangan non-tunai lewat fitur QR Code yang ada pada aplikasi tersebut.

Fitur pembayaran melalui QR Code tersebut tengah diuji kepada 80 musisi jalanan di Jakarta. CEO GoPay Aldi Haryopratomo mengatakan, ide awal kolaborasi ini bermula dari pengalamannya saat lari pagi dan menemukan musisi yang bertalenta. Namun ketika hendak memberi sumbangan, dia ingat tak membawa uang tunai.  Pengalaman itulah yang membawa kolaborasi sumbangan non-tunai itu terbentuk.

(Baca: Gopay dan Lazismu Targetkan Donasi Digital Lebih dari Rp 13 Miliar)

Menurutnya, perusahaan ingin merangkul lebih banyak masyarakat agar mereka dapat lebih mengenal dan memanfaatkan layanan keuangan digital serta pembayaran non-tunai bagi para musisi jalanan. Hasil sumbangan itu diberikan 100 % untuk para musisi jalanan. “Kami harap kolaborasi ini dapat menjadi jalan bagi musisi jalanan untuk terus berkembang,” kata Aldi saat ditemui di Jakarta, Kamis (20/6).

Adapun cara penggunaannya, pemilik Go-Pay tinggal melakukan scan QR Code dengan barcode yang terpasang di alat musik para musisi tersebut. Nominalnya pun bisa sesukanya alias tanpa batas minimal atau maksimal.

Selain itu, ia mengatakan bahwa QR code juga mempermudah akses pendataan terhadap transaksi harian maupun penilaian tingkat keberhasilan para musisi jalanan tersebut lewat penghasilan yang mereka dapat. “Sebagai fintech kami tidak hanya ingin membantu pelanggan kami dalam pembayaran, tetapi juga membantu musisi jalanan dalam mengembangkan hidupnya,” ujarnya.  

(Baca: Semester II, Sistem Pembayaran QR Code Harus Mengacu ke Standar BI)

Pada tahap pertama uji coba sistem ini berlangsung, terdapat lebih dari 80 musisi jalanan di Jakarta, baik individu maupun grup di bawah naungan IMJ yang mendapatkan QR code terpasang pada alat musik mereka. Ke depan, layanan ini akan hadir di kota lainnya apabila uji coba ini berhasil. Hanya, ia enggan menjelaskan secara detail sampai kapan uji coba berlangsung.

Halaman:
Editor: Ekarina
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...