Bos Gojek: Teknologi Digital dapat Atasi Akses Pendidikan & Kesehatan

Desy Setyowati
21 Juni 2019, 15:50
CEO Gojek Nadiem Makarim mendapat penghargaan Nikkei Asia Prize ke-24
Gojek
Ilustrasi, CEO Gojek Nadiem Makarim mendapat penghargaan Nikkei Asia Prize ke-24. Nadiem mengatakan, pemerintah dan swasta bisa bekerja sama untuk mengoptimalkan peran teknologi.

CEO Gojek, Nadiem Makarim, mengatasi persoalan keterbatasan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) termasuk pengemudi ojek, dalam menjangkau pasar melalui aplikasi Gojek. Kini, menurutnya, hambatan masyarakat dalam memanfaatkan layanan publik seperti pendidikan dan kesehatan bisa diatasi dengan mengadopsi teknologi.

Persoalannya terletak pada kesiapan pemerintah untuk mengadopsi teknologi. “Mereka harus mulai dengan memastikan bahwa fondasi dan infrastruktur digital yang tepat sudah ada,” kata Nadiem dalam sebuah pernyataan yang dipublikasikan oleh Channel News Asia, pekan lalu (11/6).

Sebab, menurutnya layanan digital yang paling sederhana sekalipun memerlukan akses listrik, internet, dan operator yang kompeten. Selain itu, pemerintah perlu menciptakan lingkungan bisnis yang menguntungkan, dengan cara membuat regulasi dan infrastruktur digital yang memungkinkan inovasi berkembang.

(Baca: Nadiem Makarim Ungkap Rahasia Sukses SuperApp Gojek)

Peraturan dan regulasi terkait teknologi perlu dibuat untuk mencegah pelanggaran privasi, penyalahgunaan data, dan bias algoritma. Standardisasi data juga akan menjadi kunci untuk memecah silo antarprogram, serta memastikan informasi dapat dibagikan dan dibandingkan di seluruh wilayah dan antarorganisasi.

Pada akhirnya, pemerintah harus terbuka terhadap inovasi di sektor publik. “Juga menciptakan peluang bagi sektor swasta untuk bekerja sama dengan pemerintah,” kata Bos Gojek ini.

Indonesia, menurutnya menarik di mata investor yang mengikuti perkembangan bisnis digital. Akan tetapi, perlu ada kerja sama erat antara pemerintah dan sektor swasta guna memaksimalkan potensi teknologi.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...