Bertemu Perdana Menteri Thailand, Jokowi Bahas Karet hingga CPO

Image title
Oleh Ekarina
23 Juni 2019, 10:59
Presiden Jokowi memimpin delegasi Indonesia melakukan pertemuan bilateral dengan delegasi Thailand yang dipimpin oleh PM M Prayut Chan-o-cha, di Bangkok, Thailand, Sabtu (22/6)
Humas Setkab/Tarmuji
Presiden Jokowi memimpin delegasi Indonesia melakukan pertemuan bilateral dengan delegasi Thailand yang dipimpin oleh PM M Prayut Chan-o-cha, di Bangkok, Thailand, Sabtu (22/6)

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengadakan pertemuan bilateral dengan Perdana Menteri Thailand Prayut Chan-o-cha di sela-sela perhelatan KTT ASEAN di Bangkok, Sabtu (22/6). Dalam pertemuan tersebut, keduanya membahas isu perdagangan serta investasi, termasuk tentang karet dan minyak sawit mentah (CPO).

Kedua pemimpin sepakat meningkatkan kerja sama perdagangan dan investasi serta menghilangkan hambatan perdagangan. Jokowi pun menyampaikan apresiasi kepada Thailand atas dukungannya kepada Indonesia dan Malaysia dalam melawan diskriminasi CPO. Selain itu, atas kerja sama dalam meningkatkan harga karet dunia.

(Baca: Jokowi Siap Bawa Isu Perang Dagang hingga Sampah ke KTT ASEAN dan G20)

Sebelumnya, Indonesia bersama Thailand dan Malaysia yang tergabung dalam International Tripartite Rubber Council (ITRC) sepakat menahan ekspor karet untuk mengerek harga jualnya yang sempat jatuh di pasar internasional. Seiring kebijakan tersebut, Indonesia memaksimalkan penyerapan karet di dalam negeri untuk proyek aspal jalan. 

Jokowi juga menyampaikan penghargaan atas dukungan Thailand terhadap Konsep Outlook Asean mengenai Indo Pasifik. Ia pun meyakini Indonesia dan Thailand dapat terus membangun kerja sama yang baik. "Tidak saja untuk kepentingan bilateral, tapi untuk Asean dan dunia," demikian pernyataan Jokowi seperti dikutip dari Setkab.go.id, Sabtu (22/6).

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...