Bangunan Bersejarah Jadi Modal Semarang Sebagai Kota Budaya Dunia

Michael Reily
24 Juni 2019, 11:29
semarang jadi kota budaya dunia, arief yahya
KATADATA/NUNUNG AHNIAR
Lawang Sewu, salah satu objek wisata sejarah di Kota Semarang, Jawa Tengah. Lawang Sewu dahulu merupakan kantor jawatan kereta api Belanda atau Nederlands-Indische Spoorweg Maatschappij.

Menteri Pariwisata Arief Yahya menyatakan Semarang yang berlokasi Jawa Tengah memiliki daya tarik sebagai destinasi wisata kelas dunia. Banyaknya bangunan bersejarah sebagai atraksi wisata serta konsep yang unik menjadi modal untuk jadi Kota Budaya Dunia.

Arief mengunjungi Semarang untuk mengunjungi Kota Lama Semarang (Outstadt) yang jadi pusat perdagangan pada abad ke- 19 dan 20 seluas 60 hektare. "Kota Lama adalah kawasan yang sangat instagrammable paling banyak diburu kaum milenial. Di sini banyak sekali bangunan bersejarah," katanya dalam keterangan resmi, Senin (24/6).

Advertisement

Salah satu lokasi yang ia kunjungi adalah Spiegel Resto & Bar sebagai tempat untuk diskusi ringan. Lalu, Arief juga mendatangi Gedung Marba yang merupakan peninggalan kolonial Belanda. Gedung yang sudah berusia lebih dari 100 tahun ini sering dijadikan latar belakang untuk pengambilan gambar beberapa film dan iklan.

(Baca: Pilihan Objek Wisata dan Kuliner di Sepanjang Jalur Tol Trans Jawa)

Arief bahkan sempat melakukan promosi lewat vlog di depan Gedung Marba yang mengajak wisatawan untuk datang ke Kota Semarang. Selanjutnya, dia menyambangi Gedung Out The Trap, bangunan kuno yang secara fisik berciri khas berupa tangga putar dari besi.

Kemudian, dia menuju Taman Srigunting yang menjadi landmark Kota Semarang. Dia tak lupa mampir ke Gereja Blenduk, yang berdiri sejak 1753. Nama blenduk merupakan julukan dari masyarakat sekitar yang artinya kubah.

Halaman:
Reporter: Michael Reily
Editor: Sorta Tobing
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement