KPPU Segera Sidangkan Kasus Grab dengan Perusahaan Mitra

Dimas Jarot Bayu
24 Juni 2019, 20:05
kppu, grab, teknologi pengangkutan indonesia
Ajeng Dinar Ulfiana | KATADATA
Driver Grab di kawasan Pinang Ranti, Jakarta TImur (9/4).

Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) segera menyidangkan kasus dugaan pelanggaran persaingan usaha yang melibatkan PT Solusi Transportasi Indonesia (Grab) dengan PT Teknologi Pengangkutan Indonesia (TPI).

Juru bicara KPPU Guntur Saragih mengatakan, sidang akan digelar setelah proses penyelidikan atas kasus tersebut telah rampung. KPPU sebelumnya telah mendapatkan dua alat bukti dalam penyelidikan kasus yang menjerat Grab dan TPI.

Hal tersebut didasari oleh inisiatif KPPU untuk mengusut perkara ini. “Untuk Grab dan TPI, kami sudah setuju untuk pemeriksaan pendahuluan di persidangan,” kata Guntur di kantornya, Jakarta, Senin (24/6).

Guntur mengatakan, dugaan pelanggaran yang dilakukan Grab dan TPI terkait adanya perlakuan diskriminatif atau tidak setara dengan mitra lain. Grab diketahui memberikan prioritas order kepada driver di bawah naungan PT TPI.

(Baca: Penumpang dan Mitra Grab Tanggapi Beragam Denda Pembatalan Order)

Perlakuan tersebut tak dilakukan Grab terhadap para driver dari mitra lain, termasuk perorangan. “Ini tentang exclusive deal Grab dan TPI sudah akan masuk (persidangan),” kata Guntur.

Mantan Ketua KPPU Syarkawi Rauf sebelumnya menyebut kasus dugaan diskriminasi oleh Grab telah menghapus hakikat munculnya bisnis transportasi daring. Awalnya, bisnis transportasi daring menerapkan prinsip mobilitas berbagi.

Halaman:
Reporter: Dimas Jarot Bayu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...