Facebook Sediakan LInov, Ruang Berkumpul Bagi Pegiat Teknologi

Cindy Mutia Annur
25 Juni 2019, 04:00
Facebook Ruang Komunitas Teknologi
123RF.com
Facebook meluncurkan ruangan khusus bernama LInov untuk pegiat teknologi. Ruangan ini tersedia gratis.

Perusahaan pengembang platform  media sosial, Facebook meluncurkan ruangan khusus untuk komunitas di bidang teknologi, yang diberi nama Lab Innovation Indonesia (LInov). Hal ini bertujuan untuk mendorong terciptanya lebih banyak inovasi di Indonesia.

Public Policy Lead Facebook Indonesia Ruben Hattari mencatat, pengguna yang mendaftarkan komunitas di platformnya terus meningkat. Karena itu, menurutnya perlu dibuat tempat khusus  bagi komunitas di bidang teknologi.

Ia berharap, masyarakat Indonesia mendapat nilai tambah dan kontribusi dari penggunaan Facebook. “Lewat ekosistem ini bisa menjadi ruang bagi mereka untuk berbagi cerita dan belajar banyak hal baru dari komunitas lainnya,” kata dia di Jakarta, Senin (24/6).

(Baca: Survei: 86% Pengguna Internet Pernah Tertipu Hoaks)

Apalagi, pengguna Facebook di Indonesia merupakan yang terbesar di dunia. Berdasarkan data Statista, pengguna Facebook di Indonesia mencapai 120 juta per April 2019. Alhasil, pengguna Facebook di Indonesia menempati urutan keempat di dunia, setelah India, Amerika Serikat (AS), dan Brazil.

Adapun LInov terletak di Plaza Asia, Jakarta. Facebook Indonesia juga mendirikan ruang komunitas bernama Ruang Komunal Indonesia (RuKi) pada 23 Mei 2018 lalu di One Pacific Place, Jakarta.

Linov akan dikhususkan untuk pegiat teknologi, sedangkan RuKi fokus pada kegiatan di bidang sosial. RuKi sudah digunakan oleh 4.387 orang dari 860 komunitas di Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi (Jabodetabek). RuKi juga telah menjalankan sekitar 212 program, baik yang diselenggarakan oleh Facebook maupun komunitas.

Halaman:
Reporter: Cindy Mutia Annur
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...