2 Ribu Aplikasi Berbahaya di Google Play Store, Sebagian Gim Online

Cindy Mutia Annur
26 Juni 2019, 14:19
Aplikasi gim berbahaya yang dipalsukan di Google Play Store
Digital Happiness
Ilustrasi, gim Dreadout dari Digital Happiness. Aplikasi gim yang banyak dipalsukan di antaranya Temple Run, Free Flow, dan Hill Climb Racing.

Studi yang dilakukan oleh University of Sydney dan Data61 dari The Commonwealth Scientific and Industrial Research Organisation (CSIRO) menunjukkan, ada 2.040 aplikasi berbahaya di Google Play Store . Studi tersebut dilakukan selama dua tahun.

Sebagian besar dari ribuan aplikasi itu berupa permainan yang dipalsukan dan mengandung malware. Sebagian lagi tidak mengandung malware, namun meminta izin akses data yang dianggap berbahaya. Gim tersebut di antaranya Temple Run, Free Flow, dan Hill Climb Racing.

Advertisement

(Baca: Peretas Tiongkok Dituduh Serang Telegram Pakai DDos)

Ada 10 ribu aplikasi yang dipalsukan sehingga mirip secara tampilan berikut teksnya. Aplikasi tersebut tergolong populer di Google Play Store. Selain itu, berdasarkan pencarian menggunakan algoritma dan mesin pembelajar (machine learning), ada 49.608 ancaman di Google Play Store.

Para peneliti juga menemukan sekitar 7.246 aplikasi yang ditandai berbahaya. Sebanyak 2.040 di antaranya aplikasi palsu dan berisiko tinggi bagi pengguna. Ada 1.565 aplikasi yang meminta setidaknya lima izin sensitif. Lalu, 1.407 aplikasi menanamkan iklan dari pihak ketiga.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement