Jelang Putusan MK, Moeldoko: 30 Orang Terduga Teroris Masuk Jakarta

Agatha Olivia Victoria
27 Juni 2019, 07:40
sidang putusan MK
Katadata/Fahmi Ramadhan
Massa yang mengatasnamakan Gerakan Kedaulatan Rakyat untuk Keadilan Kemanusiaan menggelar aksi di sekitar patung kuda Arjuna Wiwaha, Jakarta Pusat, pada hari ini (26/6). Mereka berencana menggelar aksi serupa besok (27/6).

Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko mengatakan, pemerintah telah mendeteksi 30 orang terduga teroris yang masuk ke Jakarta. Kedatangan kelompok ini diduga untuk menyusup ke dalam aksi massa jelang sidang putusan sengketa Pilpres 2019 di Mahkamah Konstitusi. 

Ia memastikan, saat ini keamanan nasional masih terkendali dengan baik. "Sudah kami lihat dan kenali tapi tidak usah khawatir kalau terjadi sesuatu, tinggal kami ambil aja," katanya di Gedung Bappenas, Jakarta, Rabu (26/6). 

Adapun untuk mengantisipasi kerawanan menjelang sidang putusan MK hari ini, Moeldoko menyebut sudah ada 40 ribu TNI-Polri yang berjaga. Kekuatan keamanan ini untuk mengantisipasi demo yang diperkirakan akan dilakukan oleh 2.500 hingga tiga ribu orang.

Moeldoko menambahkan, kelompok teroris tersebut rencananya akan ikut serta dalam kegiatan aksi massa nantinya. "Kelompok ini tidak menginginkan adanya rekonsiliasi kedua kubu calon presiden 2019," ucap dia. Mereka juga tidak menyukai kelancaran proses sidang MK.

Namun, Moeldoko enggan mengungkapkan identitas kelompok teroris itu. Dia hanya mengatakan, mereka telah memiliki jaringan terorisme dan pemerintah sedang memetakan hal tersebut. 

Halaman:
Reporter: Agatha Olivia Victoria
Editor: Sorta Tobing
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...