Di KTT G20, Jokowi Banjir Ucapan Selamat dari Raja Salman Hingga Trump

Penulis: Michael Reily

Editor: Ratna Iskana

28/6/2019, 17.39 WIB

Selain pimpinan negara, Direktur Pelaksana IMF Christine Lagarde dan Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres juga memberikan ucapan selamat kepada Jokowi.

presiden joko widodo, jokowi, ktt g20 2019 jepang, kunjungan kerja presiden
Katadata / Michael Reily
Presiden Joko Widodo, didampingi Wakil Presiden Jusuf Kalla, memberikan keterangan pers pada Kamis (27/6) di Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta, sebelum bertolak ke Osaka, Jepang untuk menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi G20.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mendapatkan ucapan selamat dari berbagai pimpinan negara anggota G20 terkait kemenangan dalam Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019. Kepala Protokol Negara Andri Hadi mengatakan, beberapa kepala negara yang mengucapkan selamat adalah Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump, Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe, Putra Mahkota Kerajaan Saudi Mohammad bin Salman, Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan, serta Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau.

Ada juga ucapan selamat dari Perdana Menteri Australia Scott Morrison, Perdana Menteri Belanda Mark Rutte, Presiden Prancis Emmanuel Macron, PM Italia Giuseppe Conte, Perdana Menteri Inggris Theresa May, Perdana Menteri India Narendra Modi, dan Presiden Spanyol Pedrosan Chez.

(Baca: Jokowi Adakan Pertemuan dengan Pemimpin Korsel dan Tiongkok di KTT G20)

Selain itu, Direktur Pelaksana IMF Christine Lagarde dan Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres juga tak lupa memberikan ucapan selamat kepada Jokowi. Andri bilang, ucapan selamat disampaikan dalam berbagai kesempatan di sela perhelatan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20, seperti ketika menunggu sambutan resmi dan sesi foto bersama, atau ketika para kepala negara akan memulai Leader's Side Event

Congratulation, congratulation,” kata Andri menirukan ucapan para kepala negara ketika bertemu Presiden Jokowi seperti dikutip dari keterangan resmi Sekretariat Kabinet dari Jepang, Jumat (28/6).

Jokowi mengikuti rangkaian kegiatan KTT G20 di INTEX, Osaka, Jumat (28/6). Kegiatan awal adalah penyambutan resmi oleh Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe lalu sesi foto bersama para pemimpin negara-negara G-20.

(Baca: Di G20, Jokowi Akan Ingatkan Ancaman Perang Dagang ke Trump & Jinping)

Saat sesi foto bersama, Jokowi berdiri di antara Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan dan Presiden Prancis Emmanuel Macron.

Selanjutnya, Jokowi menghadiri Leader’s Side Event dengan tema ekonomi digital. Tema yang diangkat dalam sesi pertama adalah perdagangan dan investasi digital, sementara sesi kedua membicarakan tema inovasi dalam ekonomi digital.

Setelah itu, Jokowi dan Ibu Negara Iriana akan menuju Osaka Geihinkan pada malam hari. Nantinya, para pemimpin negara G20 akan mendapatkan pertunjukan budaya dan jamuan makan malam bersama.

 

Anda Belum Menyetujui Syarat & Ketentuan
Email sudah ada dalam sistem kami, silakan coba dengan email yang lainnya.
Alamat email Anda telah terdaftar
Terimakasih Anda Telah Subscribe Newsletter KATADATA
Maaf Telah terjadi kesalahan pada sistem kami. Silahkan coba beberapa saat lagi
Silahkan mengisi alamat email
Silahkan mengisi alamat email dengan benar
Masukkan kode pengaman dengan benar
Silahkan mengisi captcha