Menteri Saudi Puji Jokowi: Anda Punya Dua Menteri Perempuan Terbaik

Penulis: Happy Fajrian

29/6/2019, 15.50 WIB

Pujian tersebut dilontarkan di sela-sela kegiatan KTT G20 di Osaka, Jepang.

Menteri Arab Saudi melontarkan pujian kepada Presiden RI Joko Widodo dengan menyatakan bahwa Indonesia memiliki dua menteri perempuan terbaik di dunia pada sosok Menteri Keuangan Sri Mulyani dan Menteri Luar Negeri Retno Marsudi.
Laily Rachev Martoni - Biro Pers Sekretariat Presiden
Menteri Arab Saudi melontarkan pujian kepada Presiden RI Joko Widodo dengan menyatakan bahwa Indonesia memiliki dua menteri perempuan terbaik di dunia pada sosok Menteri Keuangan Sri Mulyani dan Menteri Luar Negeri Retno Marsudi.

Menteri Luar Negeri Arab Saudi Ibrahim Abdulaziz Al-Assaf dan Menteri Energi Khalid al-Falih melontarkan pujian kepada Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) di sela-sela gelaran KTT G20 di Osaka, Jepang.

Menurut dua menteri Arab Saudi tersebut, Indonesia memiliki dua sosok menteri perempuan terbaik di dunia pada sosok Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati, dan Menteri Luar Negeri Retno Marsudi.

Dikutip dari siaran pers Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden, Bey Machmudin, Sabtu (29/6), pujian tersebut dilontarkan ketika ketiganya tengah berbincang mengenai pertemuan KTT G20.

(Baca: Jokowi Adakan Pertemuan dengan Pemimpin Korsel dan Tiongkok di KTT G20)

Menteri Keuangan Sri Mulyani pun mengatakan kepada Presiden Jokowi bahwa Menteri Energi dan Menteri Luar Negeri Arab Saudi merupakan teman lamanya.

Tak lama kemudian, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi juga bergabung dalam pembicaraan tersebut yang kemudian disambut hangat oleh Menteri Arab Saudi yang menyapa, "Apa kabar saudariku?".

Sang Menteri Arab Saudi pun berujar pada Presiden Jokowi bahwa ia beruntung memiliki dua menteri perempuan terbaik dunia. “Anda memiliki dua menteri perempuan terbaik di dunia, mereka sangat bersemangat”, ujarnya.

(Baca: Di KTT G20, Jokowi Banjir Ucapan Selamat dari Raja Salman Hingga Trump)

Seperti diketahui Sri Mulyani pernah menjabat sebagai Direktur Pelaksana Bank Dunia antara tahun 2010-2016. Kemudian pada Juli 2016 ia ditunjuk oleh Presiden Jokowi untuk menjadi menteri keuangan. Pada 2018 lalu Sri Mulyani menerima penghargaan The Best Minister Award di World Government Summit di Dubai, UEA.

Sementara itu Retno Marsudi adalah Menteri Luar Negeri perempuan pertama Indonesia yang menjabat sejak 27 Oktober 2014 dalam Kabinet Kerja Presiden Jokowi. Sebelumnya dia menjabat sebagai Duta Besar Indonesia untuk Kerajaan Belanda di Den Haag.

Retno dikenal sebagai diplomat ulung yang sangat aktif di forum dunia. Pada 2017, Retno mendapatkan penghargaan sebagai agen perubahan di bidang Kesetaraan Gender dan Pemberdayaan Perempuan. Penghargaan tersebut diberikan oleh UN Women dan Partnership Global Forum (PGF).

(Baca: Di G20, Jokowi Akan Ingatkan Ancaman Perang Dagang ke Trump & Jinping)

Anda Belum Menyetujui Syarat & Ketentuan
Email sudah ada dalam sistem kami, silakan coba dengan email yang lainnya.
Alamat email Anda telah terdaftar
Terimakasih Anda Telah Subscribe Newsletter KATADATA
Maaf Telah terjadi kesalahan pada sistem kami. Silahkan coba beberapa saat lagi
Silahkan mengisi alamat email
Silahkan mengisi alamat email dengan benar
Masukkan kode pengaman dengan benar
Silahkan mengisi captcha