Akulaku Bakal Rilis Kredit UMKM dan Kendaraan Akhir 2019

Cindy Mutia Annur
1 Juli 2019, 18:16
Akulaku, Pembiayaan Kendaraan Bermotor, Kredit UMKM
Instagram/@akulaku_id
Ilustrasi, Director of Corporate Affairs and Public Relations Akulaku Indonesia Anggie Setia Ariningsih (paling kanan). Akulaku meluncurkan produk pembiayaan untuk UMKM dan kendaraan bermotor akhir tahun ini.

Perusahaan teknologi finansial di bidang pinjam-meminjam (fintech lending) Akulaku berencana merambah sektor produktif, dengan merilis pinjaman untuk Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM). Fintech lending ini juga bakal meluncurkan produk pembiayaan untuk kendaraan bermotor (car loan).

Rencananya, kedua produk pinjaman itu diluncurkan pada akhir tahun ini. “Kami akan gandeng platform lain (untuk meluncurkan kedua produk ini),” kata Director of Corporate Affairs and Public Relations Akulaku Indonesia Anggie Setia Ariningsih di Jakarta, Senin (1/7).

Selama ini, Akulaku menyediakan pinjaman bersifat konsumtif (consumer loan) seperti belanja di e-commerce. Namun, Akulaku memandang sektor produktif cukup potensial. Apalagi, ada sekitar 120 ribu pedagang di layanan e-commerce di platform-nya yang juga meminjam.

(Baca: Survei PwC: 74% UMKM Belum Dapat Akses Pembiayaan)

Karena itu, Akulaku ingin meluncurkan produk kredit untuk UMKM termasuk penjual di e-commerce. “Pinjaman yang untuk UMKM bisa sampai Rp 50 juta,” kata dia. Namun, ia belum mau merinci tenor maupun besaran bunga yang ditetapkan untuk pembiayaan UMKM tersebut.

Akulaku menargetkan pinjaman yang disalurkan untuk UMKM mencapai 20% dari total pembiayaan. Anggie optimistis target ini bisa tercapai karena jumlah UMKM di Indonesia yang belum mendapat akses pembiayaan cukup besar. Akan tetapi, ia akan mengutamakan pinjaman untuk mitra penjual di platform-nya, karena memiliki rekam jejak peminjam.

Halaman:
Reporter: Cindy Mutia Annur
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...