Bandara Kertajati Mulai Layani Penerbangan Domestik

Image title
Oleh Ekarina
1 Juli 2019, 08:59
Bandara BIJB dibangun sejak Desember 2015 dengan nilai proyek bandara mencapai Rp 2,6 triliun Kertajati akan memiliki terminal berkapasitas 5,6 juta penumpang per tahun.
ANTARA FOTO/M Agung Rajasa
Bandara BIJB dibangun sejak Desember 2015 dengan nilai proyek bandara mencapai Rp 2,6 triliun Kertajati akan memiliki terminal berkapasitas 5,6 juta penumpang per tahun.

Bandara Kertajati mulai melayani penerbangan domestik dengan pesawat jet. Pengoperasian ini diikuti dengan pengalihan beberapa maskapai penerbangan domestik dari Husein Sastranegara ke Kertajati terakhir hari ini.

Executive General Manager Angkasa Pura II Cabang Bandara Internasional Kertajati Ibut Astono mengatakan sejumlah persiapan sudah dilakukan untuk pengalihan penerbangan dari Bandara Husein Sastranegara ke Kertajati. Beberapa fasilitas utama dan pendukung juga sudah disiapkan untuk melayani penerbangan penumpang.

Advertisement

(Baca: 13 Rute Penerbangan dari Bandara Husein Pindah ke Bandara Kertajati)

Di area keberangkatan, dia menyebut sudah terdapat 26 unit meja check-in guna mempercepat memproses keberangkatan dan mendukung kelancaran penerbangan.

"Selain itu, terdapat pula enam unit mesin self check-in  untuk mempersingkat waktu penumpang dalam memproses keberangkatan," ujarnya dalam keterangan resmi dikutip Senin (7/1).

Kertajati juga dilengkapi dengan 77 unit flight information display system (FIDS) yang menginformasikan jadwal penerbangan, lalu untuk memantau keamanan bandara ini memiliki 294 unit CCTV.

Adapun fasilitas pendukung di lokasi pemeriksaan penumpang pesawat (security check point/SCP) terdapat 12 unit x-ray, 10 unit walkthrough metal detector (WMTD), serta  handheld metal detector.

Guna mempermudah proses penumpang naik pesawat (boarding), Angkasa Pura II juga mengoperasikan 6 unit garbarata yang menghubungkan terminal keberangkatan dengan pintu pesawat. 

"Di area kedatangan, baggage handling system (BHS) dilengkapi dengan 4 baggage claim conveyor yang mengantar bagasi dari pesawat ke penumpang," ujarnya.

(Baca: 11 Perusahaan Bus dan Travel Siap Layani Rute Bandara Kertajati )

Selain itu, untuk mengakses bandara dari maupun menuju tempat tujuan akhir penumpang, bandara ini juga sudah dilengkapi dengan sejumlah alternatif moda transportasi publik.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement