PLN Selesaikan Tol Listrik Sumatera 275 kV

Image title
1 Juli 2019, 16:41
tol listrik sumatera
ANTARA FOTO/Prasetia Fauzani
Ilustrasi. Saluran Udara Tegangan Ekstra Tinggi (Sutet). Kedepannya, SUTET 275 kV akan terus dikembangkan ke arah utara sampai Aceh untuk menghubungkan sistem kelistrikan di Pulau Sumatera.

PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) merampungkan pembangunan Tol Listrik Sumatera berupa Saluran Udara Tegangan Ekstra Tinggi (SUTET) dengan kapasitas 275 kilo Volt (kV). SUTET ini menjadi tulang punggung penyaluran listrik dari sistem kelistrikan Sumatera bagian Selatan menuju Sumatera bagian Utara dan sebaliknya.

Direktur Bisnis Regional Sumatera PLN Wiluyo Kusdwiharto mengatakan, SUTET tersebut akan meningkatkan keadalan listrik dan menurunkan Biaya Pokok Produksi (BPP) Listrik di Sumatera. "Tol Listrik 275 kV ini mampu memindahkan daya hingga dua ribu Megawatt (MW) dari Sumsel yang kaya akan PLTU Mulut Tambang," ujarnya dalam keterangan tertulis, Senin (1/7).

 Tol listrik telah layak beroperasi setelah pada Sabtu lalu berhasil mendapatkan Rekomendasi Laik Bertegangan (RLB) pada SUTET 275 kV.  Tol listrik itu membentang sepanjang jalur Lahat - Lubuk Linggau - Bangko - Muara Bungo - Kiliranjao - Paya Kumbuh - Padang Sidempuan - Sarula - Simangkok - Galang dengan panjang 2.866 kilometer sirkit (kms).

SUTET 275 kV ini diharapkan akan terus dikembangkan ke arah utara sampai Aceh. Dengan begitu bisa menyambungkan sistem kelistrikan seluruh Pulau Sumatera. Sebab, sistem kelistrikan yang ada di Sumatera saat ini tidak saling terhubung.

Sebelumnya, jaringan listrik dari Lahat-Lubuk Linggau, Lubuk Linggau-Bangko, Bakngko-Muara Bungo telah beroperasi pada 2016. Selain itu, Gilang-Binjai, Kiliranjao-Payakumbuh, New Padang Sidempuan-Payakumbuh, Lahat-Lahat Muara Bungo telah beroperasi pada 2017. Sedangkan, Simangkok-Galang beroperasi pada 2018.

"Rampungnya pengerjaan tol listrik tidak terlepas dari bantuan seluruh stakeholder terutama masyarakat dan pimpinan daerah di Sumatera," katanya.

Reporter: Fariha Sulmaihati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...