Tensi Perang Dagang Mereda Sementara, IHSG dan Bursa Asia Menghijau

Happy Fajrian
1 Juli 2019, 17:05
IHSG hari ini, Bursa Efek Indonesia
ANTARA FOTO/PUSPA PERWITASARI
Seorang pengunjung memotret layar pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia, Jakarta. Perdagangan di Bursa Efek Indonesia (BEI) Senin (1/7) ditutup dengan IHSG bergerak naik 0,33% ke posisi 6.379,69.

Indeks harga saham gabungan (IHSG) hari ini, Senin (1/7), menutup perdagangan saham Bursa Efek Indonesia (BEI), menguat 21,06 poin atau 0,33% ke posisi 6.379,69.

Sejalan dengan IHSG, mayoritas bursa saham utama di kawasan Asia juga mengakhiri perdagangan hari ini dengan kinerja yang positif. Indeks Strait Times melesat 1,61%, Shanghai melonjak 2,22%, Nikkei 2,13%, PSEi naik 0,55%, serta KLCI naik 0,69%. Hanya Hang Seng dan Kospi yang berakhir negatif masing-masing 0,28% dan 0,04%.

Kinerja IHSG dan bursa Asia hari ini merespon perkembangan positif dari pertemuan Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump dan Presiden Tiongkok Xi Jinping pada KTT G20 di Osaka, Jepang.

Keduanya sepakat untuk melanjutkan kembali perundingan dagang untuk meredakan perang dagang diantara keduanya. Meskipun kesepakatan di antara kedua belum dapat dipastikan akan terjadi.

(Baca: Investor Respons Positif Putusan MK, IHSG Sepekan Naik 0,68%

Dimulainya kembali perundingan dagang AS-Tiongkok sekaligus menunda kenaikan tarif baru terhadap sisa seluruh ekspor Tiongkok ke AS. Trump juga mencabut boikot terhadap Huawei Technologies Co, yang masuk ke dalam daftar entitas yang dilarang berbisnis dengan perusahaan AS tanpa persetujuan pemerintah AS.

“Atas permintaan perusahaan teknologi AS dan Presiden Xi, saya setuju untuk mengizinkan Huawei membeli produk dari perusahaan teknologi kami selama tidak mengganggu keamanan nasional," kata Trump melalui akun Twitternya, Minggu 30 Juni 2019.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...