Bulog Lepas 50 Ribu Ton Beras Rusak dan Mutu Rendah dari Gudang

Image title
Oleh Ekarina
2 Juli 2019, 07:50
Ilustrasi Beras Bulog
ARIEF KAMALUDIN | KATADATA

Perum Bulog akan  melepas 50 ribu ton cadangan beras pemerintah (CBP) dari gudang. Ini dikarenakan kondisi beras yang sudah rusak dan sudah mengalami penurunan mutu. 

Direktur Pengadaan  Bulog, Bachtiar  menjelaskan, beras yang akan dilepas berasal dari stok lama. "Itu sebenarnya (beras) tersimpan dari dulu. Harusnya ada pelepasan stok. Kami minta izin sudah diputuskan boleh. Kan tidak mungkin dijual, ada sekitar 50 ribu ton," kata Bachtiar di Kantor Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Jakarta, Senin (1/7). 

(Baca: Cegah Penumpukan Beras di Gudang, Bulog Tambah Outlet Penjualan)

Menurutnya, Pelepasan stok CBP dilakukan sesuai dengan Peraturan Menteri Pertanian (Permentan) Nomor 38 Tahun 2018 tentang Pengelolaan Cadangan Beras Pemerintah.

Dalam regulasi tersebut, dijelaskan bahwa pelepasan CBP dilakukan apabila CBP telah melampaui batas waktu simpan sedikitnya empat bulan dan atau berpotensi/mengalami penurunan mutu.

Dia menjelaskan, dari 50 ribu ton beras yang akan dilepas merupakan bagian dari pengadaan impor beberapa tahun lalu, bahkan sejak 2015-2017.

Kendati mengalami penurunan mutu tersebut dan tak dapat dikonsumsi, beras tersebut bisa dimanfaatkan untuk keperluan lain.  "Contohnya bisa jadi MSG, jadi ethanol, digiling. Kalau masih bisa diolah kenapa dibuang. Tapi untuk dikonsumsi sudah tidak mungkin," katanya.

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...