Gerhana Matahari Total Hari Ini Hanya Terlihat di Amerika Selatan

Dwi Hadya Jayani
2 Juli 2019, 15:18
gerhana matahari total hari ini, cara melihat gerhana matahari
ANTARA FOTO/IRWANSYAH PUTRA
Petugas Badan Meteorologi dan Geofisika (BMKG) Aceh mengamati gerhana total di Ulee Lheu, Banda Aceh pada 31 Januari 2018.

Gerhana matahari total hari ini tidak bisa disaksikan oleh masyarakat Indonesia secara langsung. Fenomena alam yang terjadi ketika posisi matahari, bulan, dan bumi berada dalam satu garis lurus ini hanya akan terlihat dari beberapa negara di Amerika Selatan. Namun, warganet bisa menyaksikannya melalui streaming di situs lembaga antariksa Amerika Serikat (NASA) atau akun Youtube NASA. 

Menurut express.co.uk, gerhana matahari total hari ini adalah yang pertama kali terjadi dalam dua tahun terakhir dan diprediksi lebih indah dibandingkan dengan gerhana matahari total yang terjadi di Amerika Utara pada Agustus 2017. 

Gerhana matahari total terjadi saat cahaya matahari tertutup sepenuhnya oleh bayangan bulan. Daerah yang dilintasi oleh gerhana matahari akan gelap gulita pada siang hari. Terdapat lima fase yang dapat diamati saat terjadi gerhana matahari.

Fase pertama disebut sebagai gerhana parsial. Pada fase ini matahari sebagian ditutupi oleh bulan. Proses ini berlangsung lebih dari satu jam. Di fase inilah masyarakat harus mengenakan kacamata khusus gerhana, bukan kacamata hitam.

Fase kedua disebut sebagai cincin berlian. Masyarakat masih harus mengenakan kacamata khusus gerhana. Pada fase ini matahari akan ditutupi oleh bulan dan cahayanya tersisa pada bagian pinggir permukaan bulan dengan satu sumber titik cahaya yang paling terang. Fase cincin berlian merupakan tahapan sebelum detik-detik gerhana total.

Fase ketiga terjadi saat sumber titik cahaya matahari yang paling terang berpindah dari tempat awal ke tempat lain. Masyarakat masih harus tetap memakai kacamata khusus gerhana.

Fase keempat, gerhana matahari total pun dapat dilihat langsung dengan mata telanjang. Bulan telah menutupi seluruh cakram matahari, tahap ini akan berlangsung sekitar satu menit di beberapa lokasi. Namun, masyarakat harus tetap waspada untuk memakai kacamata khusus gerhana karena fase ini berlangsung cukup singkat.

Fase kelima merupakan fase bulan sabit mulai terlihat dan bumi terang kembali. Masyarakat dianjurkan untuk berhenti menatap matahari.

Dikutip dari Pace.com, daerah yang dilewati fenomena gerhana matahari total ini meliputi La Serena Chili, La Silla Chili, San Juan Argentina, dan Rio Carto Argentina. Berikut rincian daerah yang dilewati gerhana matahari total dengan waktu setempat:

LokasiGerhana Matahari SebagianGerhana Matahari TotalDurasiBerakhir
La Serena, Chili3:22 p.m 4:38 p.m2 menit 18 detik5:46 p.m
La Silla, Chili3:23 p.m4:39 p.m1 menit 53 detik5:47 p.m
San Juan, Argentina4:26 p.m5:40 p.m36 detiksetelah matahari terbenam
Rio Cuarto, Argentina4:30 p.m5:41 p.m1 menit 59 detiksetelah matahari terbenam

Sementara itu, untuk gerhana matahari sebagian berlokasi di Santiago Chili, Cordoba Argentina, Buenos Aires Argentina, dan Montevideo Uruguay yang dirinci sebagai berikut dengan waktu setempat:

Halaman:
Reporter: Dwi Hadya Jayani
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...