Semester 1 2019, Pertamina Serap Minyak Domestik 116,9 Ribu Bph

Penulis: Ratna Iskana

2/7/2019, 13.35 WIB

Volume minyak dalam negeri yang diserap Pertamina meningkat lebih dari 800% dibandingkan dengan volume pembelian tahun 2018 sebesar 12.8 juta MBCD.

pertamina, minyak mentah dalam negeri, kkks
Chevron
Ilustrasi. Pertamina membeli minyak dalam negeri dari kontraktor migas Indonesia. Hingga Juni 2019, Pertamina telah bekerja sama dengan 37 kontraktor yang beroperasi di Indonesia.

Pertamina terus memaksimalkan penyerapan minyak mentah produksi dalam negeri untuk diolah di kilang-kilang perusahaan. Hingga Juni 2019, Pertamina menyepakati pembelian 116,9 ribu barel minyak mentah per hari (bph) dari 37 kontraktor yang beroperasi di Indonesia. Jumlah ini lebih dari delapan kali lipat pembelian 2018 yang sebesar 12,8 ribu Bph.

Vice President Corporate Communication Pertamina Fajriyah Usman menjelaskan, pembelian minyak mentah domestik tersebut dapat meningkatkan kedaulatan energi Indonesia.“Dengan mengambil minyak mentah dari dalam negeri, maka semakin mendukung upaya kami untuk mengamankan pasokan bahan baku untuk kilang-kilang Pertamina,” katanya dalam siaran pers pada Selasa (2/7).

Fajriyah mengatakan, Pertamina akan terus memperluas kerjasama dengan kontraktor migas yang beroperasi di Indonesia agar semakin banyak serapan minyak mentah dan kondensat dalam negeri. Sehingga dapat mengurangi impor minyak mentah. Apalagi Pertamina sudah tidak lagi mengimpor minyak mentah jenis heavy dan super heavy, tapi hanya jenis light and medium crude.

(Baca: Tekan Impor, Pertamina Tingkatkan Serapan Produksi Minyak Dalam Negeri)

Sesuai dengan Peraturan Menteri ESDM Nomor 42 Tahun 2018 tentang Prioritas Pemanfaatan Minyak Bumi Untuk Pemenuhan Kebutuhan Dalam Negeri, Pertamina dan Badan Usaha Pemegang Izin Usaha Pengolahan Minyak Bumi wajib mengutamakan pasokan minyak bumi yang berasal dari dalam negeri. Demikian juga kontraktor atau afiliasinya wajib menawarkan minyak bumi bagian kontraktor kepada Pertamina dan/atau Badan Usaha Pemegang Izin Usaha Pengolahan Minyak Bumi.

"Pertamina mengucapkan apresiasi kepada seluruh KKKS yang selama ini telah bekerjasama dengan baik dan berharap kerjasama dapat terus ditingkatkan di masa yang akan datang,"ujar Fajriyah.

Realisasi penyerapan minyak mentah dalam negeri terus bertambah. Pada pertengahan Mei 2019, Pertamina telah menyerap sekitar 141 ribu barel per hari (bph) dari 33 kontraktor migas. Jumlah tersebut lebih besar dari realisasi pada akhir Maret lalu, yaitu sebanyak 127,7 ribu bph. 

(Baca: Pertamina Beli Semua Minyak Mentah Milik Kontraktor Migas Mulai Juli)

Anda Belum Menyetujui Syarat & Ketentuan
Email sudah ada dalam sistem kami, silakan coba dengan email yang lainnya.
Alamat email Anda telah terdaftar
Terimakasih Anda Telah Subscribe Newsletter KATADATA
Maaf Telah terjadi kesalahan pada sistem kami. Silahkan coba beberapa saat lagi
Silahkan mengisi alamat email
Silahkan mengisi alamat email dengan benar
Masukkan kode pengaman dengan benar
Silahkan mengisi captcha