Kementerian Dorong Industri Kelola Energi Lebih Baik, Bank Siap Danai

Image title
3 Juli 2019, 14:52
Kementerian ESDM, energi baru terbarukan
Arief Kamaludin|KATADATA
Ilustrasi, logo Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM). Kementerian ESDM menyatakan, penggunaan panel surya atap bisa menghemat 30% kebutuhan energi pelaku industri.

Direktorat Jenderal Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi (EBTKE) Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) mendorong pelaku industri melakukan manajemen energi. Tujuannya, mengurangi emisi sesuai komitmen Indonesia dalam Paris Agreement.

Direktur Konservasi Kementerian ESDM Hariyanto mengatakan, semakin tinggi kebutuhan energi suatu industri, manajemen energinya harus semakin baik. Dengan manajemen energi yang baik semestinya industri juga akan diuntungkan karena biaya konsumsi energi bakal berkurang.  

"Misalnya pasokan listrik bisa digantikan dengan panel surya atap, itu bisa menghemat 30% dari kebutuhan energi," ujarnya di Gedung Ditjen EBTKE, Jakarta, Rabu (3/7).

Menurut dia, pelaku industri tak perlu khawatir dengan pendanaan untuk merancang penghematan energi semacam itu. Sebab, perbankan nasional sudah menyediakan pembiayaan khusus untuk proyek green energy

Pihaknya sedang membahas dengan Otoritas Jasa Keungan agar pelaku industri bisa lebih mudah mendapatkan pendanaan. "Kami sedang usahakan," ujarnya.

(Baca: Penerapan Industri Hijau Hasilkan Penghematan Energi Rp 1,8 Triliun)

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...