Pacu Investasi Hulu Migas, Pemerintah Diminta Beri Kepastian Kontrak

Image title
3 Juli 2019, 21:22
kepastian kontrak untuk genjot investasi migas 2019
Pertamina Hulu Energi
Ilustrasi blok migas

Praktisi dan pengamat migas menekankan pentingnya kepastian kontrak hingga insentif, untuk menggairahkan kembali investasi hulu migas. Direktorat Jenderal Minyak dan Gas Bumi mencatat investasi hulu migas hanya sebesar US$ 11,99 miliar pada 2018, merosot separuh dari masa puncak 2013 dan 2014 yang menembus US$ 20 miliar.

Mantan Direktur Utama Saka Energy Tumbur Parlindungan mengatakan, kepastian kontrak penting untuk membuat investor nyaman. "Jangan ada peraturan-peraturan baru yang bertentangan dengan kontrak setelah penandatanganan kontrak," ujar dia dalam diskusi bersama awak media di Jakarta, Rabu (3/7).

Advertisement

(Baca: Masa Pengembalian Investasi Blok Masela Terancam Makin Panjang)

Ia mengingatkan bahwa investor memiliki beragam pilihan negara untuk menanamkan modalnya. Maka itu, pemerintah Indonesia harus bisa membenahi aspek hukum untuk meningkatkan daya saing. "Investor punya pilihan, kita enggak. Mereka kalau enggak bisa masuk, bisa ke negara lain," kata dia.

Ia pun memastikan investasi hulu migas memiliki dampak besar terhadap perekonomian nasional, di antaranya dalam penyerapan tenaga kerja. "Satu pengeboran well di offshore itu 1.000 orang yang bekerja. Kalau 10, kalikan saja," ujarnya.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement