Uji Coba Sumur di Blok Cepu oleh Pertamina Menanti Fasilitas Produksi

Image title
3 Juli 2019, 17:32
produksi pertamina ep cepu
Katadata
Ilustrasi. PT Pertamina EP menyatakan uji coba produksi sumur NKT-01 TW di Lapangan Cepu, Blora, Jawa Tengah, masih menunggu fasilitas produksi selesai.

PT Pertamina EP, anak usaha Pertamina, menyatakan uji coba produksi sumur North Kedungtuban (NKT) 01 TW di Lapangan Cepu, Blora, Jawa Tengah, masih menunggu fasilitas produksi selesai. Pasalnya, pengerjaan fasilitas pengolahan gas itu masih dilakukan oleh PT Elnusa Tbk.

Presiden Direktur Pertamina EP Nanang Abdul Manaf menjelaskan, sumur NKT-01 TW yang dibor persis bersebelahan dengan sumur NKT-01. Uji coba ini disiapkan sebagai cadangan lapangan produksi gas yang selama ini dikirim ke PLN Tambak Lorok, Semarang.

Advertisement

"Karena cadangannya cukup besar, sebagian akan dikomersialkan untuk buyer atau konsumen lainnya," kata Nanang kepada Katadata.co.id, Rabu (3/7).

Nanang mengatakan, cadangan sumur itu lebih dari 200 miliar kaki kubik gas (BCFG). "Belum dilakukan tes karena datanya sangat mirip dengan sumur sebelahnya," ucapnya.

Sebagaimana diketahui, Pertamina EP Asset 4 awalnya menjadwalkan uji coba produksi sumur tersebut pada akhir Juni 2019. Hal ini menyusul telah dirampungkannya pipanisasi gas dari sumur NKT-01 TW di Desa Bajo, Kecamatan Kedungtuban, menuju central processing plant (CPP) Gundih di Desa Sumber, Kecamatan Kradenan, Kabupaten Blora, Jawa Tengah.

(Baca: Demi Capai Target Lifting Migas, SKK Migas Genjot Produksi Blok Cepu)

Halaman:
Reporter: Verda Nano Setiawan
Editor: Sorta Tobing
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement