Uji Coba Sumur di Blok Cepu oleh Pertamina Menanti Fasilitas Produksi

Penulis: Verda Nano Setiawan

Editor: Sorta Tobing

3/7/2019, 17.32 WIB

Pertamina EP Asset 4 masih menunggu fasilitas produksi selesai dikerjakan oleh Elnusa sebelum melakukan uji coba sumur NKT-01 TW di Cepu.

produksi pertamina ep cepu
Katadata
Ilustrasi. PT Pertamina EP menyatakan uji coba produksi sumur NKT-01 TW di Lapangan Cepu, Blora, Jawa Tengah, masih menunggu fasilitas produksi selesai.

PT Pertamina EP, anak usaha Pertamina, menyatakan uji coba produksi sumur North Kedungtuban (NKT) 01 TW di Lapangan Cepu, Blora, Jawa Tengah, masih menunggu fasilitas produksi selesai. Pasalnya, pengerjaan fasilitas pengolahan gas itu masih dilakukan oleh PT Elnusa Tbk.

Presiden Direktur Pertamina EP Nanang Abdul Manaf menjelaskan, sumur NKT-01 TW yang dibor persis bersebelahan dengan sumur NKT-01. Uji coba ini disiapkan sebagai cadangan lapangan produksi gas yang selama ini dikirim ke PLN Tambak Lorok, Semarang.

"Karena cadangannya cukup besar, sebagian akan dikomersialkan untuk buyer atau konsumen lainnya," kata Nanang kepada Katadata.co.id, Rabu (3/7).

Nanang mengatakan, cadangan sumur itu lebih dari 200 miliar kaki kubik gas (BCFG). "Belum dilakukan tes karena datanya sangat mirip dengan sumur sebelahnya," ucapnya.

Sebagaimana diketahui, Pertamina EP Asset 4 awalnya menjadwalkan uji coba produksi sumur tersebut pada akhir Juni 2019. Hal ini menyusul telah dirampungkannya pipanisasi gas dari sumur NKT-01 TW di Desa Bajo, Kecamatan Kedungtuban, menuju central processing plant (CPP) Gundih di Desa Sumber, Kecamatan Kradenan, Kabupaten Blora, Jawa Tengah.

(Baca: Demi Capai Target Lifting Migas, SKK Migas Genjot Produksi Blok Cepu)

Adapun tahapan awal pre-commissioning yang telah rampung di antaranya pigging test (memastikan tidak ada hambatan sepanjang jalur flowline), water filling (mengisi cairan di sepanjang jalur pipa), internal test yang meliputi witness (saksi-saksi) dari masing-masing pihak terkait.

Pertamina EP Asset 4 juga telah melakukan dewatering (pengurasan seluruh cairan yang ada di sepanjang pipa), swabbing (pergantian cairan biasa ke tahap berikutnya), purging (pembersihan jalur pipa menggunakan, biasanya N2 / nitrogen), serta finishing instrument (koneksi jalur pipa ke central processing plant/CPP).

Tahapan sebelum uji coba ini dilakukan untuk memastikan pipa yang terpasang mampu menahan tekanan (pressure) dan tidak ada kebocoran.

Sebagai informasi, Pertamina EP memiliki wilayah kerja seluas kurang lebih 113,629.82 kilometer persegi (km2) yang tersebar di seluruh Indonesia. Wilayah kerja Pertamina EP tersebut dibagi ke dalam lima asset. Adapun Cepu Field berada di area Asset 4.

(Baca: Produksi Migas Pertamina EP Asset 4 Naik di Kuartal I 2019)

Reporter: Verda Nano Setiawan

Anda Belum Menyetujui Syarat & Ketentuan
Email sudah ada dalam sistem kami, silakan coba dengan email yang lainnya.
Alamat email Anda telah terdaftar
Terimakasih Anda Telah Subscribe Newsletter KATADATA
Maaf Telah terjadi kesalahan pada sistem kami. Silahkan coba beberapa saat lagi
Silahkan mengisi alamat email
Silahkan mengisi alamat email dengan benar
Masukkan kode pengaman dengan benar
Silahkan mengisi captcha