Dana Investasi Real Estat Sinarmas Raup Dana Rp 10,4 Triliun

Hari Widowati
4 Juli 2019, 20:16
DIRE Plaza Indonesia, Sinarmas Asset Management, BEI
ANTARA FOTO/PUSPA PERWITASARI
Seorang pengunjung memotret layar pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Jumat (28/6). Sinarmas Asset Management mencatatkan Dana Investasi Real Estat Plaza Indonesia senilai Rp 10,4 triliun.

PT Sinarmas Asset Management mencatatkan Dana Investasi Real Estat (DIRE) berbentuk kontrak investasi kolektif, yakni DIRE Simas Plaza Indonesia senilai Rp 10,4 triliun. Properti yang menjadi aset dasar (underlying asset) dari instrumen investasi ini adalah Plaza Indonesia Shopping Center, Grand Hyatt Jakarta, The Plaza Office Tower, dan FX Sudirman.

Direktur Utama Sinarmas Asset Management Alex Setyawan WK mengatakan, DIRE Simas Plaza Indonesia ditawarkan pada 19-21 Juni 2019 melalui penawaran umum dengan harga Rp 500 per unit. Setiap investor minimal harus membeli 1 miliar unit penyertaan sehingga nilai minimal investasinya Rp 500 miliar. DIRE ini akan diterbitkan sebanyak-banyaknya 20,8 miliar unit atau setara Rp 10,4 triliun.

"Investor terbesarnya adalah Hankyu Hanshin Properties Corp, pemain properti asal Jepang," kata Alex dalam siaran pers, di Jakarta, Kamis (4/7). Porsi investasi Hankyu di DIRE Simas mencapai 19% atau sekitar Rp 1,98 triliun. Hankyu merupakan pengembang properti yang membangun pertokoan di kawasan Osaka Umeda, serta proyek properti lainnya di Kyoto, Kobe, hingga Tokyo. Investasi Hankyu pada DIRE Simas Plaza Indonesia ini merupakan bagian dari pengembangan bisnisnya di Asean.

DIRE Simas Plaza Indonesia yang diperdagangkan di Bursa Efek Indonesia (BEI) dengan kode XSPI ini merupakan DIRE terbesar di Indonesia saat ini. Sebelumnya, sudah ada DIRE Ciptadana Properti Ritel Indonesia yang dicatatkan pada 1 Agustus 2013 dengan aset dasar Solo Grand Mall milik keluarga Mochtar Riady. Dari penawaran DIRE tersebut, Ciptadana Asset Management meraih dana Rp 500 miliar.

(Baca: Bangun 100 Ribu Rumah hingga Mall, Ini Sederet Rencana Bisnis Lippo)

Ciptadana menerbitkan DIRE kedua bernama DIRE Ciptadana Properti Perhotelan Padjajaran pada 27 Desember 2018. Produk ini berhasil menggalang dana Rp 300 miliar. Aset dasar dari DIRE tersebut adalah Hotel Padjajaran Suites di Kota Bogor.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...