Aturan Pajak Diperlonggar, Pencarian Rumah Mewah di Lamudi Meningkat

Michael Reily
6 Juli 2019, 13:42
Pencarian rumah mewah melalui platform Lamudi meningkat.
Arief Kamaludin|KATADATA
Ilustrasi, pencarian rumah mewah melalui platform Lamudi meningkat.

Portal Properti Lamudi.co.id mencatat, pencarian rumah mewah melalui platformnya meningkat selama sebulan terakhir. Peningkatan ini terjadi setelah Kementerian Keuangan (Kemenkeu) memperlonggar kebijakan terkait pajak rumah mewah.

Direktur Komersial Lamudi Yoga Priyautama mengungkapkan, pencarian rumah mewah di atas Rp 10 miliar di kawasan Menteng, Kemang, dan Pondok Indah meningkat hingga empat persen. Ia mengatakan, kebijakan ini memberi angin segar bagi bisnis properti, terutama yang menyasar segmen menengah ke atas.

Berdasarkan pantauannya, selama ini pengembang kesulitan memasarkan rumah mewah. “Bukan karena minimnya daya beli, tetapi kondisi situasi politik yang belum stabil,” kata dia dalam siaran pers, kemarin (5/7).

(Baca: Sri Mulyani Turunkan Pajak Penghasilan Rumah Mewah Jadi 1%)

Ia berharap, kebijakan ini bisa meningkatkan kepercayaan diri pengembang untuk membangun produk properti yang menyasar segmen atas. Apalagi, penjualan rumah mewah memberikan keuntungan yang cukup besar bagi pengembang.  

“Empat tahun belakangan ini banyak pengembang yang tidak ingin mengambil risiko. Mereka lebih banyak mengeluarkan produk yang menyasar kelas menengah, karena segmen ini tidak terpengaruh dengan situasi politik dan ekonomi,” kata Yoga. 

Halaman:
Reporter: Michael Reily
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...