Dapat Tambahan Modal dari Experian, Grab Perkuat Layanan Keuangan

Michael Reily
6 Juli 2019, 08:30
Grab memperoleh dana segar dari pemeringkat kredit konsumen asal Irlandia, Experian.
Ajeng Dinar Ulfiana | KATADATA
Ilustrasi, driver Grab di kawasan Pinang Ranti, Jakarta TImur (9/4). Grab memperoleh dana segar dari pemeringkat kredit konsumen asal Irlandia, Experian.

Perusahaan penyedia layanan on-demand  Grab memperoleh dana segar dari pemeringkat kredit konsumen asal Irlandia, Experian. Namun, kedua perusahaan enggan menyebutkan nilai investasinya. Melalui investasi ini, keduanya bakal bekerja sama dalam meningkatkan layanan keuangan di Singapura.

Grab memiliki unit bisnis di bidang keuangan, yakni Grab Financial Group. Melalui kemitraan ini, kedua perusahaan akan menggunakan teknologi dan analisis data untuk mempertajam cara Grab dalam menyesuaikan layanannya dengan kebutuhan pengguna.

Kepala Eksekutif Experian untuk Asia-Pasifik Ben Elliott optimistis, kemitraan ini akan mendorong inklusi keuangan yang lebih luas di wilayah ini. "Kami memiliki visi untuk masa depan layanan keuangan, yang didukung oleh teknologi dan data alternatif. Kami ingin mengubah cara konsumen dan bisnis mencari produk dan layanan keuangan," katanya dikutip dari Business Times, kemarin (5/7).

(Baca: Grab Dapat Tambahan Modal Rp 4,2 Triliun dari Invesco )

Experian hadir di 39 negara. Perusahaan ini juga memiliki modal ventura, Experian Ventures. Perusahaan ini fokus berinvestasi di startup yang mengembangkan solusi bisnis dan konsumen, menggunakan analisis data dan mesin pembelajar (machine learning).

Senior Managing Director Grab Financial Group Reuben Lai mengatakan, kehadiran Experian sebagai salah satu investor akan membantu perusahaannya menyasar lebih banyak konsumen di bidang layanan keuangan. “Ini memungkinkan bagi pelanggan kami untuk mendapatkan akses ke ekonomi digital dan meningkatkan mata pencaharian mereka,” kata dia dikutip dari Deal Street Asia.

Halaman:
Reporter: Michael Reily
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...