Musim Haji, Pertamina Perkirakan Kebutuhan Avtur Naik 11%

Sorta Tobing
7 Juli 2019, 10:03
musim haji 2019
Arief Kamaludin|Katadata
PT Pertamina (Persero) menghitung kebutuhan avtur untuk musim haji tahun ini naik 11% menjadi 89 juta liter dibandingkan 2018.

PT Pertamina (Persero) menghitung kebutuhan avtur untuk musim haji tahun ini naik 11% menjadi 89 juta liter dibandingkan 2018. Saat ini perusahaan sudah menyiapkan tambahan pasokan bahan bakar pesawat itu di 12 bandar udara (bandara) embarkasi.

Vice President Communication Pertamina, Fajriyah Usman menyatakan tambahan pasokan avtur ini merupakan upaya perseoran untuk memastikan perjalanan jamaah haji terlaksana dengan aman dan nyaman. “Kami telah melakukan beberapa upaya untuk memastikan kebutuhan avtur selama musim haji ini dapat terpenuhi dengan baik,” katanya dalam siaran pers hari ini, Minggu (7/7).

Kenaikan konsumsi tertinggi, menurut dia, akan terjadi di Bandara Kualanamu (Medan) sebesar 58%. Lalu, Bandara Adi Sumarno (Solo) diperkirakan konsumsi avturnya naik 38%. Terakhir, Bandara Sepinggan (Balikpapan) sebesar 16%.

Pertamina juga menyiapkan tambahan armada dan petugas di setiap bandara. Untuk kelancaran operasional, perusahaan berkoordinasi dengan maskapai, pengelola bandara, dan pemerintah daerah. “Mudah-mudahan dengan dukungan Pertamina penerbangan jamaah haji ke Tanah Suci berjalan lancar,” ucap Fajriyah.

(Baca: Menag: Tambahan 10 Ribu Kuota Haji Akan Diprioritaskan untuk Lansia)

Pertamina Perbesar Stok Avtur di Bandara Juanda dan Lombok

Pertamina Marketing Operation Region (MOR) V sebelumnya memproyeksi peningkatan konsumsi avtur untuk penerbangan haji 2019 melalui Bandara Juanda Surabaya dan Bandara Internasional Lombok (BIL). Unit Manager Communication & CSR MOR V Rustam Aji mengatakan, konsumsi avtur untuk pemberangkatan haji melalui Bandara Juanda diperkirakan naik 2,3 % atau seratus kiloliter (KL) per penerbangan.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...