APKASI dan Bukalapak Sepakat Daringkan UKM di 416 Kabupaten

Image title
Oleh - Tim Publikasi Katadata
8 Juli 2019, 10:25
APKASI
Katadata

Jakarta, 5 Juli 2019--  Kesepakatan ini disampaikan kedua pihak dalam upacara penutupan APKASI Otonomi Expo 2019, yang berlangsung Balai Sidang Jakarta Convention Center, Senayan Jakarta, Jum'at (5/7/2019).

 

Ketua Umum APKASI, Abdullah Azwar Anas menggandeng Bukalapak untuk membantu UKM-UKM di 416 pemerintah kabupaten. "Saya melihat Bukalapak ini sudah teruji sistemnya, sementara APKASI memiliki potensi komoditas yang tersebar di seluruh nusantara," kata Bupati Banyuwangi ini.

 

CEO Bukalapak Ahmad Zaky menyanggupi ajakan tersebut. Ia mengatakan sudah berkeliling ke arena pameran yang digelar APKASI, dan melihat ada banyak potensi komoditas yang berkualitas. “Sangat sayang kalau ini tidak di-online-kan agar masyarakat banyak mengetahuinya," ujarnya. 

 

Zaky sedikit membocorkan strategi pemasaran yang tengah dibidik Bukalapak, yakni go-global. Bukalapak tengah melihat potensi pemasaran ke negara-negara lain, yang dalam jangka pendek akan menyasar negara  ASEAN lebih dulu.  “Insya Allah bisa ditembus. Dengan fitur ini akan memberikan pengalaman dan tantangan kepada pelaku UKM untuk pertama kalinya bisa melakukan perdagangan ekspor ke luar negeri," kata Zaky di depan para pengunjung acara APKASI.

 

APKASI dan Bukalapak, akan langsung menindaklanjuti kerja sama ini dengan menggelar rapat koordinasi  dalam waktu dekat. Menurut Anas saat ini merupakan era kolaborasi sehigga semua pihak tidak perlu kita membangun sistem secara sendiri-sendiri. Selain dengan Bukalapak, dalam kesempatan yang sama APKASI juga menyampaikan siap berkolaborasi dengan Kementerian Pariwisata  untuk mengembangkan berbagai sektor pariwisata di daerah, mulai pariwisata lintas batas negara (crossborder tourism), homestay, sampai desa wisata.

 

Kerja Sama Pariwisata  

"APKASI mendukung program-program Kementerian Pariwisata, sehingga ke depan kebijakan pariwisata nasional bisa semakin punya instrumen pelaksanaan yang efektif dan saling dukung di daerah," kata  Abdullah Azwar Anas yang baru saja menggantikan Mardani H. Maming sebagai Ketua Umum APKASI.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Editor: Arsip
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...