Gaet 3 Juta Anggota, Arisan Mapan Dorong Anggotanya Miliki Usaha

Penulis: Cindy Mutia Annur

Editor: Happy Fajrian

8/7/2019, 18.51 WIB

Arisan Mapan tidak hanya membantu anggotanya memenuhi kebutuhan hidup tapi juga membantu dalam memulai usaha.

arisan mapan
Arisan Mapan
Kegiatan peserta Arisan Mapan di berbagai daerah.

Aplikasi arisan barang, Mapan kini telah menggaet hampir tiga juta anggota melalui 250 ribu ketua arisan di Jawa dan Bali. Mapan ingin mendorong ekosistemnya untuk maju, salah satunya dengan mendorong anggota arisan untuk memulai usahanya sendiri.

CEO Mapan Hendra Tjanaka mengatakan, sejak awal mendirikan perusahaan, dia yakin inovasi teknologi berbasis komunitas merupakan kunci penting dalam mengembangkan layanan yang dapat memberikan manfaat besar bagi masyarakat luas.

"Diharapkan ke depannya Mapan dapat memberikan kontribusi yang lebih besar, tidak hanya dalam membantu masyarakat memahami perencanaan kebutuhan hidup tetapi juga turut menggerakan perekonomian masyarakat," ujar Hendra dalam siaran pers, Minggu (7/7).

(Baca: Persaingan Ketat, DANA Incar Segmen Perdesaan)

Bantu Anggota Memulai Usaha

Hendra mengatakan, berdasarkan data internal perusahaan, kecenderungan anggotanya saat ini tidak hanya memanfaatkan arisan Mapan untuk memenuhi kebutuhan rumah tangga. Namun, satu dari sepuluh anggota Mapan juga membeli peralatan untuk mendukung usaha rumahan yang mereka rintis.

Selain itu, data internal Mapan mencatat, mesin jahit menjadi salah satu peralatan usaha yang paling diminati. Permintaan mesin jahit mengalami peningkatan yang cukup signifikan hingga 60% per tahun. Karena itu, Mapan memberikan berbagai pelatihan di bidang konveksi dengan menggandeng salah satu produsen mesin jahit ternama.

Selain usaha menjahit, usaha favorit utama dari anggota Arisan Mapan adalah usaha kuliner dan kosmetik. Karena itu, Mapan melihat anggotanya berpotensi untuk meningkatkan keterampilan dan mengembangkan usaha.

"Selain menyediakan peralatan pendukung usaha yang semakin beragam, kami juga berkomitmen bersama dengan partner dari berbagai industri untuk turut memfasilitasi para anggota yang ingin membuka usaha, salah satunya melalui program pelatihan agar mereka bisa mengasah keterampilan untuk mengembangkan usahanya,” ujarnya.

(Baca: Baru 17% UMKM Berjualan Online, Kominfo Gencar Gaet E-commerce)

Kemarin, Mapan kembali mengadakan Gelar Arisan Mapan di Gedung Smesco, Jakarta yang menghadirkan ribuan rekan usaha dan anggota masyarakat umum, UMKM, dan supplier. Acara ini menjadi kesempata berbagai pihak untuk bersama-sama berbagi ilmu dan informasi mengenai barang Arisan Mapan hingga cara memulai usaha.

Ia melanjutkan, Mapan berkomitmen untuk terus berinovasi guna menyejahterakan masyarakat Indonesia melalui teknologi. Sehingga, nantinya masyarakat bisa memenuhi kebutuhan sehari-hari dengan mudah, aman, dan terjangkau, serta bisa mendapatkan penghasilan tambahan di saat yang bersamaan.

“Mimpi kami adalah mendorong semakin banyak anggota arisan untuk bisa juga menjadi rekan usaha hingga pada akhirnya bisa berkontribusi menjadi salah satu pemasok kebutuhan untuk anggota lainnya,” ujarnya.

Salah satu Ketua Arisan Mapan Teti Rahmawati mengatakan, awalnya anggota Mapan hanya memesan barang kebutuhan rumah tangga, namun kini banyak yang memesan alat usaha lewat Arisan Mapan. "Nah, dengan begini jadi banyak yang bisa memiliki usaha," ujar Teti.

(Baca: Target Salurkan Pinjaman Rp 10 Triliun, Modalku Incar Pemilik Warung)

Ia melanjutkan, untuk mendorong anggotanya dalam mulai usaha, ia pun mengajak teman-temannya untuk mengikuti salah satu pelatihan menjahit di Tasikmalaya. Menurut dia, salah satu di antaranya ada, Ibu Kiki yang selama ini sudah mempunyai usaha jahit namun masih menyewa mesin jahit.

"Dengan memiliki (mesin jahit) sendiri, Ibu Kiki bisa mengurangi beban biaya dan menambah penghasilannya hingga 2 kali lipat," ujarnya.

Reporter: Cindy Mutia Annur

Anda Belum Menyetujui Syarat & Ketentuan
Email sudah ada dalam sistem kami, silakan coba dengan email yang lainnya.
Alamat email Anda telah terdaftar
Terimakasih Anda Telah Subscribe Newsletter KATADATA
Maaf Telah terjadi kesalahan pada sistem kami. Silahkan coba beberapa saat lagi
Silahkan mengisi alamat email
Silahkan mengisi alamat email dengan benar
Masukkan kode pengaman dengan benar
Silahkan mengisi captcha

Video Pilihan