Masuk Musim Kemarau, Bulog Klaim Stok Beras Cukup Sampai Akhir Tahun

Rizky Alika
8 Juli 2019, 18:47
Stok Beras Diprediksi Cukup Sampai Akhir Tahun, Stok Beras Musim Kemarau
Antara Foto / Rony Muharrman
Seorang pekerja sedang memasukan beras di sebuah gudang Bulog di Pekan Baru, Riau.

Perum Bulog mengklaim stok beras tetap terjaga sampai akhir tahun meskipun sebagian wilayah di Indonesia saat ini memasuki musim kemarau. Sekretaris Perusahaan Bulog Awaludin Iqbal mengatakan kecukupan tersebut didasari oleh kondisi cadangan beras pemerintah (CBP) saat ini yang mencapai 2,2 juta ton.

Selain dari stok di gudang, pihaknya juga bekerjasama dengan pihak lain untuk mengamankan pasokan. "Kami sudah tugaskan Ketersediaan Pasokan dan Stabilisasi Harga (KPSH) beras medium. Jadi sampai akhir tahun stok mencukupi," kata dia kepada katadata.co.id, Senin (8/7).

Advertisement

Ia pun menjamin, pasokan beras bakal merata di seluruh daerah, termasuk daerah yang mengalami kekeringan. Terlebih lagi, penyaluran beras terbesar dilakukan di Jawa.

(Baca: Musim Kemarau, Luas Lahan Gagal Panen Capai 9.358 Hektare)

Senada, Kementerian Pertanian (Kementan) menjamin musim kemarau tak mengganggu pasokan beras saat ini. Sebab, luas lahan yang kekeringan pada tahun ini masih dikategorikan kecil.

"Sekarang saja kekeringannya kecil, masa ribut stok beras. Sekarang harga beras murah, (stok) masih aman sekali," kata Dirjen Tanaman Pangan Kementan Sumarjo Gatot Irianto di kantornya, Jakarta, Senin (8/7).

Untuk mengompensasi lahan sawah yang kekeringan, Kementan akan melakukan penanaman di 670 ribu hektare (ha) sawah untuk menggantikan lahan sawah yang kekeringan seluas 102.746 ha.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Editor: Ekarina
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement