5 Bandara Siap Layani Embarkasi Haji, Bandara Soetta Sediakan Lounge

Penulis: Fariha Sulmaihati

Editor: Martha Ruth Thertina

9/7/2019, 07.46 WIB

Lounge yang di berada di Terminal 2D Bandara Soetta merupakan hasil kerja sama antara Angkasa Pura II dan pemerintah Arab Saudi.

lma bandraa siap layani Keberangkatan Haji 2019, Lounge Haji Bandara Soekarno Hatta
ANTARA FOTO/Iggoy el Fitra
Jemaah Haji

PT Angkasa Pura II (AP) menyatakan lima bandara kelolaannya siap melayani keberangkatan haji tahun ini, yaitu Bandara Soekarno Hatta di Tangerang, Banten, Bandara Sultan Iskandar Muda di Aceh, Bandara Kualanamu di Medan, Bandara Minangkabau di Padang, dan Bandara Mahmud Badaruddin II di Palembang.

Presiden Direktur PT AP II Muhammad Awaluddin mengatakan terdapat beberapa fasilitas pendukung yang disiapkan. Di Bandara Soetta misalnya, ada lounge khusus untuk jemaah haji. Lounge berkapasitas 1.500 orang tersebut dilengkapi dengan toilet, musola, serta 15 loket imigrasi khusus untuk percepatan layanan keimigrasian Arab Saudi.

"Adanya layanan keimigrasian di fasilitas membuat jemaah haji dapat merasakan layanan fast track perihal keimigrasian," kata dia, pada keterangan tertulis, Senin (8/7). Lounge yang di berada di Terminal 2D Bandara Soetta tersebut merupakan hasil kerja sama antara AP II dan pemerintah Arab Saudi.

(Baca: Musim Haji, Pertamina Perkirakan Kebutuhan Avtur Naik 11%)

Selain itu, AP II telah menyiapkan petugas khusus agar penerbangan haji bisa berjalan lancar. Fasilitas ini tersedia untuk melayani penerbangan haji dari pesawat berbadan lebar yang dioperasikan oleh Garuda dan Saudi Airlines.

Tahun ini, Bandara Soetta melayani 631 kloter jemaah haji yang berasal dari empat embarkasi yaitu DKI Jakarta, Lampung, Jawa Barat dan Banten. Bandara Sultan Iskandar Muda melayani 12 kloter (4.359 jemaah), Kualanamu sebanyak 22 kloter (8.292 jemaah), Minangkabau sebanyak 18 kloter (6.222 jemaah), dan Sultan Mahmud Badaruddin II sebanyak 19 kloter (8.049 jemaah).

Bandara Soetta mulai melayani penerbangan keberangkatan haji pada 7 Juli 2019 lalu. Wakil Presiden Jusuf Kalla melepas penerbangan haji perdana di Bandara Soetta.

Anda Belum Menyetujui Syarat & Ketentuan
Email sudah ada dalam sistem kami, silakan coba dengan email yang lainnya.
Alamat email Anda telah terdaftar
Terimakasih Anda Telah Subscribe Newsletter KATADATA
Maaf Telah terjadi kesalahan pada sistem kami. Silahkan coba beberapa saat lagi
Silahkan mengisi alamat email
Silahkan mengisi alamat email dengan benar
Masukkan kode pengaman dengan benar
Silahkan mengisi captcha