BI Gelar Pameran Karya Kreatif Indonesia Pada Pertengahan Juli Ini

Penulis: Agatha Olivia Victoria

Editor: Sorta Tobing

9/7/2019, 05.00 WIB

KKI BI 2019 memfasilitasi temu bisnis antara pelaku UMKM dengan lembaga keuangan, marketplace, dan agregator/importir luar negeri.

bi gelar pameran umkm
ANTARA FOTO/Maulana Surya
Ilustrasi. Bank Indonesia (BI) akan menggelar Pameran Karya Kreatif Indonesia (KKI) 2019 bagi pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). Pameran ini berlangsung pada 12-14 Juli 2019 di Exhibition Hall A, Jakarta Convention Center.

Bank Indonesia (BI) akan memfasilitasi business matching (temu bisnis) dan business coaching (konsultasi bisnis) bagi pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). Kegiatan ini dilakukan untuk mengembangkan kapasitas bisnis dan memperluas akses pasar UMKM.

Dalam keterangan resminya, dua kegiatan itu dilakukan sebagai bagian dari rangkaian Pameran Karya Kreatif Indonesia (KKI) 2019. Adapun KKI akan digelar pada 12-14 Juli 2019 di Exhibition Hall A, Jakarta Convention Center.

Pengembangan UMKM ini untuk mendukung fungsi, tugas, dan kewenangan BI terkait kebijakan moneter, kebijakan makroprudensial dan kebijakan sistem pembayaran. Bank sentral mengimplementasikan pengembangannyadi seluruh Indonesia oleh 46 Kantor Perwakilan BI.

Adapun, KKI 2019 merupakan penyelenggaraan yang keempat kalinya dengan tema Mendorong Pertumbuhan Ekonomi melalui UMKM Go Export dan Go Digital. Berbeda dari tahun sebelumnya, KKI 2019 memfasilitasi temu bisnis antara pelaku UMKM dengan lembaga keuangan, marketplace, dan agregator/importir luar negeri.

Temu bisnis itu bertujuan untuk memberikan apresiasi dan menggalang komitmen dalam rangka pengembangan UMKM, antara lain dengan memperluas kesempatan UMKM dalam mendapatkan akses pembiayaan, kerja sama dan komitmen pemasaran produk UMKM untuk ekspor melalui agregator, serta pemanfaatan e-commerce.

Selain itu, dalam KKI 2019, Bank Indonesia juga memperluas kegiatan konsultasi kepada pelaku bisnis khususnya UMKM maupun calon pelaku bisnis mengenai persyaratan yang diperlukan untuk mengembangkan bisnis. Melalui kegiatan business coaching, pelaku UMKM diharapkan mendapatkan informasi, tips/trik dan persyaratan agar dapat mengembangkan kapasitasnya untuk memperluas bisnisnya hingga ke pasar ekspor.

(Baca: Kemenkeu Gelar Festival Ekonomi Indonesia Khusus Anak Muda)

Reporter: Agatha Olivia Victoria

Anda Belum Menyetujui Syarat & Ketentuan
Email sudah ada dalam sistem kami, silakan coba dengan email yang lainnya.
Alamat email Anda telah terdaftar
Terimakasih Anda Telah Subscribe Newsletter KATADATA
Maaf Telah terjadi kesalahan pada sistem kami. Silahkan coba beberapa saat lagi
Silahkan mengisi alamat email
Silahkan mengisi alamat email dengan benar
Masukkan kode pengaman dengan benar
Silahkan mengisi captcha

VIDEO PILIHAN