Gojek Investasi Rp 70 M di Startup Restoran Delivery Rebel Foods India

Penulis: Cindy Mutia Annur

Editor: Martha Ruth Thertina

9/7/2019, 10.12 WIB

Rebel Foods telah menjalankan 1.455 restoran di lebih dari 200 dapur di 15 kota di India.

Gojek investasi India, Rebel Foods
Gojek
CEO Gojek Nadiem Makarim

Perusahaan layanan transportasi on demand Gojek berinvestasi US$ 5 juta atau sekitar Rp 70 miliar dalam putaran pendanaan Seri D dari startup India di bidang restoran khusus delivery Rebel Foods. Startup ini merupakan pemilik merek seperti Faasos, Lunch Box dan Oven Story.

Ini merupakan investasi kedua Gojek di startup India. Investasi pertama dilakukan bersama Sequoia India dan Times Internet, dengan total US $ 35,5 juta untuk perusahaan gim, Mobile Premier League (MPL). Investasi ini dilakukan pada April lalu.

DealStreetAsia memberitakan, Rebel Foods memperoleh pendanaan dari Gojek setelah empat bulan sebelumnya berhasil mendapatkan pendanaan U$ 16 juta atau sekitar Rp 224 miliar. Pendanaan ini dipimpin oleh investor lamanya, Sequoia Capital dan Lightbox Ventures.

(Baca: Gojek Kantongi Pendanaan Seri F dari Mitsubishi)

Hingga saat ini, Rebel Foods dilaporkan telah mengumpulkan total pendanaan sebesar US$ 124,6 juta atau sekitar Rp 1,7 triliun.

Rebel Foods berdiri dengan nama perusahaan Faasos Food Services Pvt. Ltd. Perusahaan didirikan pada 2011 oleh Jaydeep Barman dan Kallol Banerjee. Merek lain yang merupakan bagian dari portofolio perusahaan termasuk Behrouz Biryani dan Mandarin Oak.

Menurut laporan TechCircle, startup tersebut telah menjalankan 1.455 restoran di lebih dari 200 dapur di 15 kota. Perusahaan berencana memiliki 10 ribu restoran online di sekitar 1.000 dapur dalam lima tahun ke depan. Selain itu, perusahaan berencana untuk ekspansi ke Dubai.

(Baca: Selain Gojek, Tokopedia Berpeluang Jadi Decacorn dalam 2 Tahun Lagi)

Rebel Foods bersaing dengan beberapa perusahaan serupa di India seperti Freshmenu yang didukung oleh Lightspeed, InnerChef India Pvt. Ltd, Scootsy yang berbasis di Mumbai (dimiliki oleh Swiggy), dan TinMen yang berbasis di Hyderabad.

Dalam catatan katadata.co.id, ekspansi Gojek ke India juga dilakukan lewat akuisisi startup rekrutmen karyawan AirCTO yang menggunakan teknologi kecerdasan buatan (AI). Gojek juga membuka kantor baru di Gurugram, India, untuk divisi layanan pesan-antar makanan GoFood.

Anda Belum Menyetujui Syarat & Ketentuan
Email sudah ada dalam sistem kami, silakan coba dengan email yang lainnya.
Alamat email Anda telah terdaftar
Terimakasih Anda Telah Subscribe Newsletter KATADATA
Maaf Telah terjadi kesalahan pada sistem kami. Silahkan coba beberapa saat lagi
Silahkan mengisi alamat email
Silahkan mengisi alamat email dengan benar
Masukkan kode pengaman dengan benar
Silahkan mengisi captcha