IHSG Diprediksi Bergerak Bervariasi, Ini Beberapa Pilihan Sahamnya

Happy Fajrian
9 Juli 2019, 10:20
Karyawan beraktivitas di dekat grafik pergerakan saham di gedung Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Jumat (14/6/2019). Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) Selasa (9/7) diperkirakan akan bergerak bervariasi karena investor menantikan kebijakan suku bunga The Fe
ANTARA FOTO/APRILLIO AKBAR
Karyawan beraktivitas di dekat grafik pergerakan saham di gedung Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Jumat (14/6/2019). Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) Selasa (9/7) diperkirakan akan bergerak bervariasi karena investor menantikan kebijakan suku bunga The Fed.

Indeks harga saham gabungan (IHSG) hari ini, Selasa (9/7), membuka perdagangan saham di Bursa Efek Indonesia (BEI) dengan koreksi sebesar 0,34 poin atau o,o1% ke posisi 6.351,49. Namun tidak lama setelah perdagangan dimulai IHSG langsung bergerak naik ke level 6.386,19.

Kepala Analis Valbury Sekuritas, Alfiansyah, dalam risetnya memprediksi IHSG akan bergerak ke teritori negatif seiring dengan koreksi bursa saham Amerika Serikat (AS) pada penutupan perdagangan Senin (8/7), dimana indeks Dow Jones turun 0,43%, Nasdaq turun 0,78%, dan S&P 500 turun 0,48%.

Advertisement

Bursa Asia juga diperkirakan tertekan karena ekspektasi pelaku pasar terhadap turunnya suku bunga acuan The Fed semakin pudar setelah data tenaga kerja non pertanian AS menunjukkan perkembangan yang diatas harapan pelaku pasar.

Gubernur The Fed Jerome Powell pada Rabu mendatang akan memberikan pernyataan kebijakan moneter The Fed terkait data tenaga kerja yang kuat serta kondisi perekonomian AS pada Rabu (10/7) besok.

(Baca: IHSG Turun 0,34%, Dipicu Saham Emiten Bank hingga Rokok)

Para pejabat The Fed menegaskan independensinya terhadap tekanan politik. Meskipun, Presiden AS Donald Trump kembali menyerukan agar The Fed segera menurunkan suku bunga untuk mendorong pertumbuhan ekonomi.

"Koreksi saham AS pada Senin dan potensi pasar Asia yang diperkirakan dibayangi tekanan serta minimnya sentimen positif di pasar domestik dapat mendorong IHSG kembali bergerak turun pada perdagangan hari ini," terang Alfiansyah.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement