Instagram Gunakan Kecerdasan Buatan untuk Cegah Perundungan

Desy Setyowati
9 Juli 2019, 13:20
Instagram cegah perundungan atau bullying
Katadata
Instagram akan mengirimkan notifikasi berisi peringatan kepada pengguna yang melakukan perundungan di platform tersebut.

Instagram mengembangkan fitur khusus untuk mencegah terjadinya perundungan atau bullying. Untuk itu, perusahaan pengembang platform media sosial ini  mengadopsi kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI).

Teknologi tersebut memungkinkan Instagram mendeteksi perundungan dan konten berbahaya lainnya dalam bentuk komentar, foto, dan video. "Seiring dengan pertumbuhan komunitas Instagram, kami juga akan terus meningkatkan investasinya dalam hal teknologi," kata Instagram dalam siaran pers, Selasa (9/7).

Anak usaha Facebook tersebut menilai, perundungan adalah persoalan yang kerap dialami remaja. Hanya saja, Instagram mencatat, remaja cenderung enggan melaporkan kasus perundungan online. Karena itu, Instagram memandang fitur untuk mencegah bullying ini perlu dikembangkan.

(Baca: Delapan Tips dari Facebook Agar Terhindar dari Penipuan Phising)

Nantinya, Instagram mengirimkan peringatan kepada pengguna yang teridentifikasi melakukan perundungan. "Selama beberapa hari terakhir, Instagram mulai meluncurkan fitur baru yang didukung oleh kecerdasan buatan untuk dapat mengirimkan notifikasi kepada pengguna saat mereka akan mengunggah komentar yang sifatnya ofensif," demikian dikutip.

Perusahaan teknologi itu berharap, intervensi seperti ini mendorong pengguna untuk berpikir dua kali sebelum berkomentar yang bernada negatif. Namun, Instagram tidak secara spesifik menyebutkan kapan fitur tersebut dirilis.

"Sejak uji coba awal, kami menemukan bahwa fitur ini mendorong sebagian orang mengurungkan komentar ofensif mereka dan membagikan hal yang sifatnya lebih baik setelah mereka melakukan refleksi diri," demikian kata Instagram.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...