Kementerian ESDM Buka Lelang Tambang Nikel Blok Suasua Kepada Swasta

Image title
9 Juli 2019, 16:55
lelang tambang, suasua, tambang nikel
Ilustrasi. Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) melalui Direktorat Jenderal Mineral dan Batu Bara (Minerba) membuka lelang untuk wilayah izin usaha pertambangan khusus (WIUPK) Suasua, Kolaka Utara, Sulawesi Tenggara kepada swasta.

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) melalui Direktorat Jenderal Mineral dan Batu Bara (Minerba) membuka lelang untuk wilayah izin usaha pertambangan khusus (WIUPK) Suasua, Kolaka Utara, Sulawesi Tenggara kepada swasta.

Kepala Biro Komunikasi, Layanan Informasi Publik dan Kerjasama Kementerian ESDM Agung Pribadi mengatakan untuk nilai kompensasi data informasinya (KDI) sebesar Rp 984,85 juta. "Sama seperti Kepmen (Keputusan Menteri ESDM Nomor 1805 K/30/MEM /2018 tentang Harga WIUP) yang dikeluarkan pada 30 April 2018," katanya kepada Katadata.co.id, Selasa (9/7).

Advertisement

Blok Suasua merupakan WIUPK dengan komoditas nikel dan memiliki luas lahan 5.899 hektare (ha). Untuk pendaftaran dan persyaratan lelang akan diumumkan dalam jangka waktu 20 hari kerja, terhitung sejak 8 Juli 2019.

Blok ini merupakan penciutan dari wilayah dari PT Vale Indonesia yang telah dilelang pada tahun lalu tapi tidak diminati oleh Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dan Badan Usaha Milik Daerah (BUMN). Pemerintah lalu menawarkannya kepada swasta.

Selain itu, pemerintah juga berencana melelang Blok Latao dengan komoditas nikel, yang terletak di Kolaka Utara, Sulawesi Tenggara. Namun, saat ini pemerintah belum membuka lelang untuk blok itu. Blok ini memiliki luas 3.148 hektare (ha) dan nilai KDI-nya sebesar Rp 414,8 miliar.

Halaman:
Reporter: Fariha Sulmaihati
Editor: Sorta Tobing
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement