Ombilin Sawahlunto Jadi Warisan Budaya Dunia, Kelima di Indonesia

Michael Reily
9 Juli 2019, 11:20
Ombilin Sawahlunto warisan budaya dunia
Kementerian Pariwisata
Ombilin Sawahlunto

Organisasi internasional di bawah Perserikatan Bangsa-Bangsa, UNESCO, menetapkan area pertambangan batu bara kolonial Ombilin di Sawahlunto, Sumatera Barat, sebagai warisan budaya dunia. Dengan demikian, Indonesia sudah memiliki lima tempat yang berstatus warisan budaya dunia.

UNESCO menetapkan Ombilin sebagai warisan budaya dunia pada sidang ke-43 Komite Warisan Dunia di Azerbaijan. "Semoga kita dapat jadikan alat untuk membangun Indonesia," kata Duta Besar Indonesia untuk Azerbaijan dalam siaran pers, akhir pekan lalu.

Ombilin Sawahlunto menjadi warisan budaya dunia kelima Indonesia setelah Candi Borobudur dan Candi Prambanan tahun 1991, Situs Sangiran tahun 1996, dan Sistem Subak Bali tahun 2012. Selain warisan budaya dunia, Indonesia memiliki empat warisan alam dunia yaitu Taman Nasional Komodo, Taman Nasional Ujung Kulon, Taman Nasional Lorentz, serta Hutan Tropis Sumatera.

(Baca: Gianyar Raih Gelar Kota Kerajinan Dunia)

Direktur Warisan dan Diplomasi Budaya Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Nadjamuddin Ramly mengungkapkan ada dua kriteria pengajuan suatu tempat sebagai warisan budaya. Menurutnya, Ombilin masuk lewat kriteria dua dan empat.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...