Khofifah: Jawa Timur Fokus Proyek Transportasi Hingga Kilang Tuban

Michael Reily
10 Juli 2019, 08:20
Khofifah Indar Parawansa soal proyek infrastruktur jawa timur dan kilang tuban
ANTARA FOTO/PUSPA PERWITASARI
Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa (kiri) meninggalkan Istana Bogor usai mengikuti rapat terbatas tentang percepatan pembangunan Jawa Timur di Jawa Barat, Selasa (9/7/2019).

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa menyatakan bakal fokus pada tiga proyek besar untuk mendukung pengembangan ekonomi di Jawa Timur. Ketiga proyek tersebut yaitu pembangunan Kereta Rel Listrik (KRL) Gerbangkertasusila, proyek transportasi pariwisata, dan kerja sama pengembangan kilang minyak di Tuban.

Proyek pertama, pembangunan jalur KRL Gerbangkertasusila (Gresik-Bangkalan-Mojokerto-Surabaya-Sidoarjo-Lamongan). Jalur KRL ini berada di jalur utama industri di Jawa Timur. Keberadaan jalur ini digadang-gadang akan membuat pengangkutan barang dan jasa menjadi lebih murah dan mendukung ekspor.

Menurut Khofifah, realisasi pembangunan ini agak terlambat. "Tapi kami siapkan opsi transportasi publik yang bisa memudahkan koneksivitas wilayah, sehingga perlu juga ada pembangunan jalan utama di Surabaya bagian timur," kata dia di Kompleks Istana Bogor, Jawa Barat, Selasa (9/7).

(Baca: Percepat Bangun Jateng dan Jatim, Jokowi Panggil Ganjar dan Khofifah)

Nantinya, pembangunan jalur KRL bakal berlanjut dari Lamongan ke Tuban. Ini untuk mendukung pengembangan kilang minyak di Tuban yang membutuhkan intensitas transportasi tinggi.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...