Rupiah Melemah Seiring Penantian Pernyataan Gubernur The Fed

Agatha Olivia Victoria
10 Juli 2019, 11:00
rupiah hari ini, nilai tukar rupiah ke dolar
Arief Kamaludin|KATADATA
Nilai tukar rupiah dibuka melemah pagi ini, Rabu (10/7), ke level Rp 14.109 per dolar AS. Nilai ini mengalami pelemahan sebesar 0,16% setelah penutupan perdagangan kemarin.

Nilai tukar rupiah dibuka melemah pagi ini, Rabu (10/7), ke level Rp 14.109 per dolar AS. Hingga pukul 07.44 WIB, rupiah terus melemah di level Rp 14.130 per dolar AS. Nilai ini mengalami pelemahan sebesar 0,16% setelah penutupan perdagangan kemarin.

Mengutip Bloomberg, saham-saham di Asia diperdagangkan beragam setelah sesi yang tenang di Wall Street, dengan investor menunggu petunjuk tentang kebijakan dari Gubernur Bank Sentral AS, Federal Reserve System (The Fed) Jerome Powell.

Penguatan dolar AS menyebabkan mata uang di Asia cenderung melemah. Tercatat, yen Jepang mengalami pelemahan 0,12% terhadap dolar AS, dolar Hongkong turun 0,04% dan dolar Singapura bergerak negatif 0,6%.

Selain itu, won Korea Selatan turut mengalami perlemahan sebesar 0,05%, peso Filipina 0,07%, yuan Tiongkok 0,09%, ringgit Malaysia dan baht Thailand 0,06%. Hanya rupee India yang terlihat menguat sebesar 0,16%.

Malam nanti, Powell akan bersaksi di depan Kongres AS tentang kebijakan moneter dan keadaan ekonomi negara itu. Esok harinya, ia akan menyampaikn hal yang sama di hadapan Senat AS.

(Baca: Tahun Depan, Diprediksi Sulit Jaga Rupiah di Bawah Rp 14.500 per US$)

Halaman:
Reporter: Agatha Olivia Victoria
Editor: Sorta Tobing
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...