Tingkatkan Ekonomi Pesisir, Pemerintah Kembangkan Industri Rumput Laut

Rizky Alika
10 Juli 2019, 17:33
Pemerintah Kembangkan Industri Rumput Laut,
Arief Kamaludin | Katadata
Pemerintah Kembangkan Industri Rumput Laut.

Pemerintah akan memfokuskan pengembangan industri rumput laut melalui peta jalan (roadmap) Pengembangan Industri Rumput Laut Nasional Tahun 2018-2021. Pengembangan tersebut dilakukan untuk membantu menumbuhkan ekonomi masyarakat, terutama yang berada di sekitar wilayah pesisir, perbatasan, dan daerah tertinggal.

“Rumput laut menjadi salah satu perhatian dan prioritas kita terutama untuk mengembangkan wilayah pesisir,” kata Deputi Bidang Koordinasi Pangan dan Pertanian Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Musdhalifah Machmud dalam keterangan resmi di Jakarta, Rabu (10/7).

Advertisement

Berdasarkan data Kemenko Perekonomian, 32% dari total penduduk miskin Indonesia berada di pesisir. Oleh karena itu, budidaya rumput laut diharapkan mampu meningkatkan pendapatan masyarakat di wilayah pesisir, pulau-pulau kecil, pinggiran, dan perbatasan.

(Baca: Pemerintah Dukung Gugatan Petani Rumput Laut dalam Kasus Montara)

Apalagi, budidaya rumput laut tergolong usaha potensial yang sebagian besar dilakukan oleh masyarakat. Sebab, teknologinya sederhana, masa produksi relatif singkat (45 hari), dan memiliki pangsa pasar cukup besar.

Adapun peta jalan pengembangan rumput laut telah ditetapkan dalam Peraturan Presiden Nomor 33 Tahun 2019. Musdhalifah mengatakan, potensi perairan perlu difokuskan untuk mendukung ketahanan pangan nasional dan berkontribusi terhadap pasar dunia. Sebab, wilayah laut mencapai hampir dua pertiga dari total luas Indonesia. 

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Editor: Ekarina
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement